cari dakwah


Hal Riba yang biasa terjadi pada mudik lebaran


Mudik boleh,
RIBA jangan...

Musim mudik sudah tiba,
Mau mudik? Awali dengan muqodimah yg baik...

"Mau mudik, blm ada duit, pinjem dulu deh ke ****, bunganya kan kecil ini..."

"Mau mudik, ngasih ponakan belum ada duit recehan, nukerin dulu deh, nuker sejuta dapetnya sembilan ratus ribu, nggak papa kepotong seratus yg penting jadi recehan..."

"Mau mudik, blm ada kendaraan pribadi nih, yaudah ngambil aja di depan rumah, ada toko yg nyediain kendaraan dengan cicilan dan bunganya ringan..."

Bro n sis, takutlah akan dosa RIBA, niat baik di awal, akan merusak keseluruhan jika bukan dengan cara yg benar dalam mengaplikasikan niat kita... Silaturahmi boleh, RIBA jangan...

Jangan sampe kita ngajakin perang dengan Dzat yg punya Surga, Allah ta'ala.

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آَمَنُوا اتَّقُوا اللَّهَ وَذَرُوا مَا بَقِيَ مِنَ الرِّبَا إِنْ كُنْتُمْ مُؤْمِنِينَ . فَإِنْ لَمْ تَفْعَلُوا فَأْذَنُوا بِحَرْبٍ مِنَ اللَّهِ وَرَسُولِهِ

“Hai orang-orang yang beriman bertakwalah kepada Allah dan tinggalkanlah sisa riba (yang belum dipungut) jika kamu orang-orang yang beriman. Maka jika kamu tidak mengerjakan (meninggalkan sisa riba), maka ketahuilah bahwa Allah dan Rasul-Nya akan memerangimu.” (Al Baqarah: 278-279)

Jika ada rezeki, waktu luang, kesempatan, maka mudiklah. Namun jika tak ada, jangan paksakan mudik jua.

Semoga ramadhan tahun ini, memberikan kesan terbaik dan menjadikan pribadi kita lebih baik lagi. 

Hati-hati yg lagi di perjalanan mudik, jika telah sampai tujuan, jangan lupa i'tikafnya dilanjutkan hingga akhir ramadhan.

Bekasi, 
Achmad Irviansyah & Aishya Fitry
Share This Article Facebook +Google Twitter Digg Reddit
Comments
0 Comments

Berlangganan dakwah, masukan emailmu dibawah ini GRATIS