cari dakwah


Hukum mengumumkan barang hilang di Masjid



📢Hukum Mengumumkan Barang Hilang Di Masjid
.
“Jika kalian melihat orang membeli atau menjual di dalam masjid, maka katakanlah, “Semoga Allah tidak memberi keuntungan kepada barang daganganmu.” Jika kalian melihat orang yang mencari sesuatu yang hilang di dalamnya maka katakanlah, “Semoga Allah tidak mengembalikannya kepadamu.” (HR. At-Tirmizi no. 1321 dan dinyatakan shahih oleh Al-Albani dalam Shahih Al-Jami’ no. 573)
.
⏩Jika ada barang tidak bertuan ditemukan di masjid, dan ingin diumumkan di mimbar maka ini tidak boleh berdasarkan hadits di atas.
.
⏩ Jika tempelan berisi pengumuman barang hilang ditempel di masjid juga tidak boleh adapun jika ditempel di tembok luar masjid maka diperbolehkan.
.
👤Imam Abdul Aziz bin Baz رَحِمَهُ اللهُ berkata :
.
“Masjid-masjid tidak dibangun untuk tujuan mengumumkan barang hilang atau untuk jual beli. Akan tetapi ia dibangun untuk beribadah kepada Allah, untuk ketaatan, untuk shalat, dzikir, pengajian dan lain-lain.
.
Menempelkan kertas pengumuman barang hilang jika ditempel di tembok luar masjid maka ini tidak mengapa , atau di pintu luar maka tidak mengapa. Adapun jika ditempel di dalam masjid maka tidak selayaknya karena ini menyerupai ucapan (pengumuman), dan karena hal ini kadang bisa menyibukkan manusia untuk membacanya dan mengamatinya.
.
Yang tampak bagi saya itu tidak boleh, karena menempelkan kertas pengumuman di dalam masjid artinya mencari barang hilang. Namun jika ditempel di tembok luar masjid atau ditempel di pintu di luar masjid maka tidak mengapa.” (Fatawa Nurun Alad Darbi : 2/709).
.
•┈┈┈◎❅❀❦🌸❦❀❅◎┈┈┈•
.
☆Pegang erat sunnah dan gigitlah dengan geraham - Berani syar'i tanpa selfie☆
.
🔊 Disebarkan oleh :
.
📸 instagram : @muslimah.salafy
💻 facebook.com/muslimah.salafyy
📲 Group Line : muslimah.salafy
🌏 sumber : Bimbingan Islam
👤 pemateri : Ustadz Abul Aswad Al-Bayati
Share This Article Facebook +Google Twitter Digg Reddit
Comments
0 Comments

Berlangganan dakwah, masukan emailmu dibawah ini GRATIS