Search

Bagaimana cara mengetahui Manhaj seorang Ustad?

Baca Juga :



👥BAGAIMANA MENGETAHUI MANHAJ USTADZ DARI TA'LIM YANG DIHADIRI ?
.
Untuk membedakan seorang ustadz itu bermanhaj salaf atau bukan, maka ini butuh perincian (tafshil), ilmu, pemahaman dan kesabaran. Namun, secara global bisa diperhatikan sebagai berikut :
.
1. Dia berpegang teguh dengan ajaran Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam dalam segala hal baik aqidah, ibadah, akhlak, dan mu’amalah.
2. Dia menfokuskan dakwahnya sebagaimana dakwahnya para Nabi yaitu mengajak kepada TAUHID yang murni dan membantah segala bentuk KESYIRIKAN.
.
3. Dia mengajak untuk kembali kepada Kitabullah dan sunnah Rasulullah menurut pemahaman salaf dalam segala hal, terutama di kala berbeda pendapat.
4. Dia tidak mengajak kepada golongan, kelompok, ormas, person/figur. Namun hanya mengajak untuk mengikuti Nabi yang mulia.
.
5. Dia senantiasa berdalil dan tidak keluar dari firman Allah dan sabda Rasulullah serta aqwal (ucapan) para ulama salaf.
6. Dia mengajak untuk menghormati dan memuliakan para sahabat, tabi'in dan ulama tabi'ut tabi'in, termasuk para imam madzhab yang empat. Namun dia tdk fanatik dengan salah satu dari mereka.
.
7. Dia tidak mengajak untuk melakukan pencelaan terhadap penguasa kaum muslimin, menghujat, mendiskreditkan dan melepaskan ketaatan kpd penguasa kaum muslimin dalam hal yang ma'ruf.
8. Dia tidak mudah menvonis kafir, bid'ah dan sesat kepada person tertentu secara spesifik. Karena salafi berhati2 di dalam menvonis dan menghukumi seseorang, yaitu harus dengan ilmu,iqomaul hujjah (menegakkan hujjah dahulu) dan izalatul mawani' (menyingkarkan penghalang2).
.
9. Dia dalam hal ibadah dan fiqh lebih berpegang dengan hadits Nabi yang shahih dibandingkan pendapat ulama yang menyelisihi hadits yang shahih. Serta dia menjauhi bid'ah dan perkara2 baru yang diada2kan di dalam agama.
10. Dia memiliki akhlaq yang baik, ucapan yang hikmah dan ilmiah.
dan masih banyak lagi lainnya.
.
▶Adapun buku2 yang saya sarankan bagi orang baru adalah : ⬇️
.
1. PENJELASAN 3 LANDASAN UTAMA karya Syaikh Ibnu Utsaimin terbitan DARUL HAQ.
2. JALAN GOLONGAN YANG SELAMAT karya Syaikh Muhammad Jamil Zainu terbitan DARUL HAQ.
3. SYARAH AQIDAH AHLUS SUNNAH WAL JAMA'AH karya Ustadz Yazid Jawwas.

4. KITAB TAUHID karya Syaikh Muhammad At Tamimi, penerbit Darul Haq
5. MULAI DENGAN MANHAJ SALAF karya Ustadz Yazid Jawwas
dll.
.
•┈┈┈◎❅❀❦🌸❦❀❅◎┈┈┈•
.
☆Pegang erat sunnah dan gigitlah dengan geraham - Berani syar'i tanpa selfie☆
.
🔊 Disebarkan oleh :
.
📸 instagram : @muslimah.salafy
💻 facebook.com/muslimah.salafyy
📲 Group Line : muslimah.salafy
🌏 sumber : alwasathiyah.com
👤 pemateri : Abu Salma
Follow akun sosial media Foto Dakwah, klik disini

Klik disini untuk sedekah dakwah, untuk membantu dakwah kami

Share Artikel Ini

Related Posts

Comments
0 Comments