Cari Dakwah

Dapat apa yang diniatkan

Baca Juga



Dari Umar bin al-Khaththab -radhiyallahu'anhu- berkata, "Aku mendengar 
Rasulullah Shallallahu'alaihi wa sallam bersabda,

إنما الأعمال بالنية وفي رواية بالنيات وإنما لكل امرىء ما نوى فمن كانت هجرته إلى الله ورسوله فهجرته إلى الله ورسوله ومن كانت هجرته إلى دنيا يصيبها أو امرأة ينكحها فهجرته إلى ما هاجر إليه

"Sesungguhnya amal-amal itu dengan niat -dalam riwayat lain dengan niat-niat-, dan sesungguhnya masing-masing orang mendapatkan apa yang diniatkannya. Maka barangsiapa hijrahnya kepada Allah dan Rasul-Nya maka hijrahnya kepada Allah dan RasulNya. Barangsiapa hijrahnya kepada dunia yang ingin dia dapatkan atau kepada wanita yang hendak dia nikahi, maka hijrahnya kepada apa yang dia niatkan dalam hijrahnya." (Diriwayatkan oleh Bukhari, Muslim Abu Dawud, at-Tirmidzi dan an-Nasa'i).

Al-Hafizh berkata, "Sebagian dari kalangan muta'akhirin mengklaim bahwa hadits ini mencapai derajat mutawatir. Padahal tidak demikian, karena Yahya bin Said al-Anshari meriwayatkannya secara sendiri dari Muhammad bin Ibrahim at-Taimi. Lalu yang meriwayatkan dari al-Anshari berjumlah banyak sekitar dua ratus rawi, ada yang mengatakan tujuh ratus rawi, ada yang mengatakan lebih dari itu. Hadits ini diriwayatkan dari banyak jalan selain jalan al-Anshari tetapi tidak ada yang shahih. Begitulah yang dikatakan oleh al-Hafizh Ali bin al-Madini dan imam-imam yang lain." Al-Khaththabi berkata, "Aku tidak mengetahui adanya perselisihan dalam hal ini di kalangan para ulama. Wallahu a 'lam.

Sumber: Shahih At-Targhib wa At-Tarhib; 1:109-110. No. 8


The Rabbaanians
Share This Article Facebook +Google Twitter Digg Reddit
Comments
0 Comments

Berlangganan dakwah, masukan emailmu dibawah ini GRATIS