Search

Utarakanlah cinta anda kepada orang yang Anda nasehati

Baca Juga :


UTARAKANLAH RASA CINTA ANDA KEPADA ORANG YANG ANDA NASEHATI…

Utarakanlah RASA CINTA Anda kepada orang yang Anda nasehati… karena itu akan lebih memudahkan hatinya terbuka menerima nasehat Anda.

======

Cobalah Anda renungkan hadits mulia yang sangat inspiratif berikut ini, Nabi -shollallohu alaihi wasallam- suatu hari memegang tangan Mu’adz dan mengatakan:

“Wahai Mu’adz, demi Allah sungguh aku benar-benar mencintaimu, demi Allah sungguh aku benar-benar mencintaimu”… kemudian beliau mengatakan: “Aku BERWASIAT kepada wahai Mu’adz, janganlah engkau sekali-kali meninggalkan di penghujung setiap sholat untuk mengucapkan:

اللَّهُمَّ أَعِنِّي عَلَى ذِكْرِكَ، وَشُكْرِكَ، وَحُسْنِ عِبَادَتِكَ

Ya Allah, bantulah aku dalam berdzikir mengingatMu, mensyukuriMu, dan membaikkan ibadah kepadaMu”. [HR. Abu Dawud: 1522, dishahihkan oleh Syaikh Albani].

Subhanallah… cobalah Anda renungkan beberapa hal berikut ini:

1. Beliau adalah seorang Nabi dan Rosul -shollallohu alaihi wasallam-, namun tidak gengsi untuk mengungkapkan rasa cintanya kepada sahabatnya Mu’adz.

2. Beliau memberikan penegasan dalam ungkapan cinta tersebut dengan empat penegasan, yaitu: dengan sumpah “demi Allah”, “sesungguhnya aku”, “benar-benar”, dan beliau mengulangi 3 kalimat itu sebanyak dua kali… Ini menunjukkan bahwa beliau tidak main-main dalam mengungkapkan kecintaannya kepada sahabatnya tersebut.

3. Bayangkanlah bagaimana usaha beliau menyampaikan kebaikan kepada Sahabat Mu’adz, beliau memegang tangannya tanda keakraban, menyatakan kecintaannya kepadanya dengan sungguh-sungguh, dan memilih kata “berwasiat” untuk mengungkapkan makna berpesan, agar pengaruhnya lebih mengena dan menancap di hati Sahabat Mu’adz.

Oleh karenanya, hendaknya para da’i yang mengajak kepada Allah juga meneladani ini, sehingga dakwahnya mudah diterima, atau bahkan mereka tertawan hatinya untuk menerima dakwah Sunnah yang dibawa… wallohu a’lam.

Semoga bermanfaat…

Ustadz Musyaffa Ad Dariny, حفظه الله تعالى

Twitter IslamDiaries
IG @DiariesImage
FB Islam Diaries
Tube DiariesVision
Telegram Channel IslamDiaries
Follow akun sosial media Foto Dakwah, klik disini

Klik disini untuk sedekah dakwah, untuk membantu dakwah kami

Share Artikel Ini

Related Posts

Comments
0 Comments