Cari Dakwah

Apakah dahulu Nabi Muhammad sesat? Tafsir surat dhuha ayat 7

Baca Juga




🍃Apakah dahulu Nabi Muhammad Shallallahu 'Alaihi Wa Sallam tersesat?🍃
.
Beberapa hari ini ramai video viral seorang yang mengatakan bahwa Nabi Muhammad Shallallahu 'Alaihi Wa Sallam dahulu tersesat,  dengan berdalil surat adh dhuha ayat ke-7.  Benarkah perkataan ustadz tersebut?
.
Mari kita lihat tafsir Al Qur'an mengenai ayat tersebut:
.
Pada ayat ketujuh surat Adh Dhuha,  Allah berfirman:
.
وَوَجَدَكَ ضَالًّا فَهَدَىٰ
.
(Dan (bukankah) Dia (pula yang) mendapatimu sebagai seorang yang bingung (kebingungan untuk mendapatkan kebenaran yang tidak bisa dicapai dengan akal), lalu Dia memberikan petunjuk?)
.
Al Hafizh Ibnu Katsir rahimahullah menjelaskan, (ayat ini) seperti firman Allah :
.
وَكَذَلِكَ أَوْحَيْنَا إِلَيْكَ رُوحاً مِّنْ أَمْرِنَا مَا كُنتَ تَدْرِي مَا الْكِتَابُ وَلَا الْإِيمَانُ وَلَكِن جَعَلْنَاهُ نُوراً نَّهْدِي بِهِ مَنْ نَّشَاء مِنْ عِبَادِنَا وَإِنَّكَ لَتَهْدِي إِلَى صِرَاطٍ مُّسْتَقِيمٍ
.
(Dan demikianlah Kami wahyukan kepadamu wahyu (al Qur`an) dengan perintah Kami. Sebelumnya kamu tidaklah mengetahui apa al Kitab (al Qur`an), dan tidak pula mengetahui apa iman itu? Tetapi Kami menjadikan al Qur`an itu cahaya yang Kami tunjuki dengannya siapa yang Kami kehendaki di antara hamba-hamba Kami. Dan sesungguhnya kamu benar-benar memberi petunjuk kepada jalan yang lurus. – asy Syura ayat 52)
[Shahih Sunan at Tirmidzi, Muhammad Nashiruddin al Albani]
.
Asy Syaikh Abdurrahman bin Nashir as Sa’di rahimahullah berkata,”(Maksud ayat ini adalah), Allah mendapati dirimu (wahai Muhammad) dalam keadaan kamu tidak mengetahui apa itu al Qur`an dan apa itu iman, lalu Allah mengajarkan kepadamu apa-apa yang belum kamu ketahui, dan Dia pula yang mendidik dan membimbingmu agar amal perbuatan dan akhlakmu semakin baik.”
[Shahih Sunan Ibnu Majah, Muhammad Nashiruddin al Albani]
.
Sumber: https://almanhaj.or.id/3810-tafsir-surat-adh-dhuha-2.html
.
Semoga Allah beri dia hidayah mengenal sunnah
.
Catatan: Pentingnya memilih guru ngaji bermanhaj salaf agar tidak salah dalam mempelajari agama. Jika tidak maka seorang ustadz tersebut akan ngawur dalam tafsir dan menyesatkan umat tanpa dia sadari
.
#IndonesiaBertauhid
.
📷 @statusnasehat
Share This Article Facebook +Google Twitter Digg Reddit
Comments
0 Comments

Berlangganan dakwah, masukan emailmu dibawah ini GRATIS