Cari Dakwah

Hukum doa awal dan akhir tahun Islam Hijriyah

Baca Juga


Doa Awal dan Akhir Tahun, Adakah Tuntunan?

Syaikh Bakr Bin Abdillah Abu Zaid rahimahullah berkata, “Syariat Islam tidak pernah mengajarkan atau menganjurkan doa atau dzikir untuk awal tahun. Manusia saat ini banyak yang membuat kreasi baru dalam hal amalan berupa doa, dzikir atau tukar menukar ucapan selamat, demikian pula puasa awal tahun baru, menghidupkan malam pertama bulan Muharram dengan shalat, dzikir atau do’a, puasa akhir tahun dan sebagainya yang semua ini tidak ada dalilnya sama sekali.” (Tashih Ad Du’a’, hal.107)

Perlu dipahami pula bahwa penetapan tarikh hijriyah (kalender Hijriyah) baru ada di masa khalifar Umar bin Al Khattab radhiyallahu ‘anhu.

Berdasarkan kesepatakan para sahabat, bulan Muharram ditetapkan sebagai awal tahun dan bulan Dzulhijjah ditetapkan sebagai akhir tahun. Ketika penetapan awal dan akhir tahun pun, kita tidak dapati para sahabat memanjatkan doa awal dan akhir tahun. Tidak ada di antara para sahabat yang membuat ritual tersebut padahal bisa saja mereka melakukannya.

Baca Selengkapnya : https://rumaysho.com/9209-doa-awal-dan-akhir-tahun-hijriyah-adakah-tuntunan.html

TAMBAHAN ADMIN

Catatan penting buat teman2 sekalian, doa adalah sebuah ibadah, admin yakin dalam masalah ini semuanya sepakat, dan pada asalnya kita bisa berdoa secara bebas

Namun ketika doa tsb dikhususkan/dikaitkan dengan waktu/tempat tertentu, maka harus ada dalil shahihnya

Misal doa masuk masjid, boleh ga kita buat doa sendiri, sementara sudah ada dalil shahih tentang doa tsb? Tentu tidak boleh!

Begitu juga dengan doa akhir/awal tahun, jika tidak ada dalil shahihnya, maka jangan buat doa sendiri. Islam itu bukan agama yg ribet, karena ibadah itu dengan dalil, jika ada dalilnya, kerjakan, jika tak ada, tinggalkan

Sekali lagi, jika tidak berkenan dengan postingan ini, ga masalah, tugas admin hanya menyampaikan

Dan yg terpenting, jangan lupa untuk shalat witir yaa

.
🔁 Repost : kajianislam
.
▶️ @ryan_abu_zahroh_sh
 #Copas
.
⏸ Follow Instagram : @ryan_abu_zahroh_sh
.
Facebook : ryan abu zahroh
.
🔁 Free Repost|Lɪᴋᴇ | Cᴏᴍᴍᴇɴᴛ | Sʜᴀʀᴇ | Tᴀɢ | follow
.
#raz2000 #ryanabuzahroh #riandisaputrash #raz2000bidah #muharrom #bidah #tahunbaruislam1440h
Share This Article Facebook +Google Twitter Digg Reddit
Comments
0 Comments

Berlangganan dakwah, masukan emailmu dibawah ini GRATIS