Cari Dakwah

Hukum memanggil orang dengan bercanda hey tayo dalam Islam

Baca Juga




Risih nggk sih?
Mendengar orang yang berteriak seolah memanggil "hey!"
Pas menengok, eh malah "hey tayo!"
Maksudnya hanya untuk bercanda, tapi hal tersebut cukup memalukan, apalagi sampai ditertawai ditengah keramaian. Bukankah Rasulullah melarang kita bercanda dengan cara seperti ini?
Sebagaimana yang diriwayatkan Dari Bahz bin Hakim, ia berkata bahwa ayahnya, Hakim telah menceritakan bahwa ia pernah mendengar Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,
.
"Celakalah bagi yang berbicara lantas berdusta hanya karena ingin membuat suatu kaum tertawa. Celakalah dia, celakalah dia.”
(HR. Abu Daud no. 4990)
.
Selain akan dicap sebagai pendusta dikalangan manusia, juga Allah akan mencatatnya sebagai pendusta.
.
Sebagaimana dari ‘Abdullâh bin Mas’ûd Radhiyallahu anhu, ia berkata:
.
“Rasûlullâh Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, ‘Hendaklah kalian selalu berlaku jujur, karena kejujuran membawa kepada kebaikan, dan kebaikan mengantarkan seseorang ke Surga. Dan apabila seorang selalu berlaku jujur dan tetap memilih jujur, maka akan dicatat di sisi Allâh sebagai orang yang jujur. Dan jauhilah oleh kalian berbuat dusta, karena dusta membawa seseorang kepada kejahatan, dan kejahatan mengantarkan seseorang ke Neraka. Dan jika seseorang senantiasa berdusta dan memilih kedustaan maka akan dicatat di sisi Allâh sebagai pendusta (pembohong)."
.
Bukhâri (no. 6094) dan dalam kitab al-Adabul Mufrad (no. 386); Muslim no. 2607 (105)
..

Sunnahreminder
Share This Article Facebook +Google Twitter Digg Reddit
Comments
0 Comments

Berlangganan dakwah, masukan emailmu dibawah ini GRATIS