Search

Mengenal sekte qodariyyah

Baca Juga :


๐Ÿ’ฅ QODARIYYAH ๐Ÿ’ฅ
.
Qadariyyah adalah kelompok yang meyakini bahwa Allah tidaklah mengetahui dan menetapkan takdir sesuatu yang akan terjadi di masa yang akan datang, dan meyakini kalau perbuatan makhluk bukan Allah yang menciptakan.
.
Sejarah kemunculannya .
.
Diriwayatkan dari Al Auza’i, beliau mengatakan, “Yang pertama kali berpendapat seputar masalah takdir adalah seseorang dari Iraq yang dikenal dengan nama “Susan1”. Dahulu ia orang nasrani, lalu masuk Islam, kemudian murtad dan kembali ke agama lamanya tersebut.
.
Ma’bad Al Juhani mengambil pendapat seputar takdir dari orang tersebut. Lalu pendapatnya diikuti oleh Ghaylan Ad Dimasyqi.
.
Mereka adalah majusinya umat ini
.
Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,
.
ุงู„ْู‚َุฏَุฑِูŠَّุฉُ ู…َุฌُูˆุณُ ู‡َุฐِู‡ِ ุงู„ْุฃُู…َّุฉِ ุฅِู†ْ ู…َุฑِุถُูˆุง ูَู„َุง ุชَุนُูˆุฏُูˆู‡ُู…ْ ูˆَุฅِู†ْ ู…َุงุชُูˆุง ูَู„َุง ุชุดู‡ุฏูˆู‡ู…
.
“Qadariyyah adalah majusinya umat ini. Jika mereka sakit, jangan dijenguk. Jika mereka mati, jangan dilayat” (HR. Abu Dawud, Ahmad, dan lainnya. Dinilai hasan oleh Al Albani dalam Misykatul Mashaabih)
.
Kenapa disamakan dengan majusi?
.
Syaikh Ibnu ‘Utsaimin mengatakan, “Qadariyyah dinamakan majusi karena kaum majusi meyakini bahwa ada dua pencipta di dunia ini : pencipta kebaikan dan pencipta keburukan. Pencipta kebaikan adalah cahaya. Sedangkan pencipta keburukan adalah kegelapan.
.
Qadariyyah menyerupai majusi dari sisi ini karena qadariyyah mengatakan : peristiwa yang ada di dunia itu ada dua jenis : peristiwa akibat perbuatan Allah, maka ini adalah ciptaan Allah, dan peristiwa akibat perbuatan hamba, maka ini adalah ciptaan hamba, bukan ciptaan Allah”
.
.
Inti penyelewengan qadariyyah :
.
Pada dasarnya, penyelewengan paham qadariyyah terpusat pada dua hal :
.
1. Mengingkari bahwa Allah mengetahui segala sesuatu sebelum terjadinya
.
2. Meyakini bahwa setiap hamba adalah pencipta bagi perbuatannya masing-masing
.
➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖
๐Ÿ“” Syarh Al ‘Aqidah Al Wasithiyyah, Muhammad bin Shalih Al ‘Utsaimin
.
๐Ÿ“”Syarh Ushul I’tiqad Ahlis Sunnah wal Jama’ah, Abul Qasim Hibatullah bin Hasan Al Laalikaa-i
.
๐Ÿ“ท@zams_id >< @al.firqotun.najiyah
.
#firqoh #qodariyyah #sesat #alfirqotunnajiyah
.
Follow akun sosial media Foto Dakwah, klik disini

Klik disini untuk sedekah dakwah, untuk membantu dakwah kami

Share Artikel Ini

Related Posts

Comments
0 Comments