Search

Bebas dari syirik karena syirik kezhaliman yang amat besar

Baca Juga :


BEBAS DARI SYIRIK

Di antara keutamaan orang yang bertauhid dan berusaha meninggalkan kesyirikan adalah ia akan mendapatkan rasa aman dan mendapatkan petunjuk. Tentu saja rasa aman dan petunjuk adalah nikmat yang begitu besar.

Allah Ta’ala berfirman,

الَّذِينَ آَمَنُوا وَلَمْ يَلْبِسُوا إِيمَانَهُمْ بِظُلْمٍ أُولَئِكَ لَهُمُ الْأَمْنُ وَهُمْ مُهْتَدُونَ “Orang-orang yang beriman dan tidak mencampuradukkan iman mereka dengan kezaliman (syirik), mereka itulah yang mendapat keamanan dan mereka itu adalah orang-orang yang mendapat petunjuk.” (QS. Al An’am: 82). Ketika turun ayat tersebut, para sahabat pun menanyakan pada Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam. Mereka berkata,

أَيُّنَا لاَ يَظْلِمُ نَفْسَهُ “Siapa yang tidak menzhalimi dirinya sendiri?” Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam lantas berkata,

لَيْسَ هُوَ كَمَا تَظُنُّونَ إِنَّمَا هُوَ كَمَا قَالَ لُقْمَانُ لاِبْنِهِ (يَا بُنَىَّ لاَ تُشْرِكْ بِاللَّهِ إِنَّ الشِّرْكَ لَظُلْمٌ عَظِيمٌ) “Itu bukan seperti yang kalian sangkakan. Yang dimaksud dengan zhalim di situ adalah seperti perkataan Lukman pada anaknya, “Wahai anakku, janganlah engkau berbuat syirik pada Allah karena syirik adalah kezhaliman yang amat besar.“(HR. Bukhari no. 4776 dan Muslim no. 124). Berarti yang dimaksud kesyirikan dalam surat Al An’am ayat 82, bukanlah kezhaliman biasa. Namun yang dimaksud adalah kezhaliman pada Allah dengan menyekutukan Allah dalam ibadah, alias syirik.

Artinya, jika seseorang bersih dari syirik, maka ia akan mendapatkan balasan seperti yang Allah sebut di akhir ayat yaitu mendapatkan rasa aman dan petunjuk.

Semoga manfa'at

Twitter : @IslamDiaries
Instagram DiariesImage

Sumber Rumaysho.com
Follow akun sosial media Foto Dakwah, klik disini

Klik disini untuk sedekah dakwah, untuk membantu dakwah kami

Share Artikel Ini

Related Posts

Comments
0 Comments