Search

Sebab berkurang keimanan

Baca Juga :


FLUKTUASI KEIMANAN

Di antara sebab-sebab yang bisa menyebabkan keimanan seorang hamba menjadi turun dan surut atau bahkan menjadi hilang dan lenyap adalah sebagai berikut :

1. Bodoh tentang Allah ta’ala, tidak mengenal nama-nama dan sifat-sifat-Nya

2. Lalai dan memalingkan diri dari rambu-rambu agama, tidak memperhatikan ayat-ayat Allah dan hukum-hukum-Nya, baik yang bersifat kauni maupun syar’i. 
Sesungguhnya kelalaian dan sikap tidak mau tahu semacam itu pasti akan membuat hati menjadi sakit atau bahkan mati karena belitan syubhat dan jeratan syahwat yang merasuki hati dan sekujur tubuhnya.

3. Berbuat atau mengutarakan ucapan maksiat. 
Oleh karena itulah iman akan turun, melemah dan surut sebanding dengan tingkatan maksiat, jenisnya, kondisi hati orang yang melakukannya serta kekuatan faktor pendorongnya. Iman akan banyak sekali berkurang dan menjadi sangat lemah apabila seorang hamba terjerumus dalam dosa besar, jauh lebih parah dan lebih mengenaskan daripada apabila dia terjerembab dalam dosa kecil. 
4. Meninggalkan ketaatan, baik berupa keyakinan, ucapan maupun amalan fisik. 
Sebab iman akan semakin banyak berkurang apabila ketaatan yang ditinggalkan juga semakin besar. (disadur dari Fathu Rabbil Bariyah, hal. 105-106)

Penulis: Abu Mushlih Ari Wahyudi

Semoga manfa'at

Twitter @IslamDiaries
Instagram DiariesImage
Telegram Channel IslamDiaries

Artikel www.muslim.or.id
Follow akun sosial media Foto Dakwah, klik disini

Klik disini untuk sedekah dakwah, untuk membantu dakwah kami

Share Artikel Ini

Related Posts

Comments
0 Comments