cari dakwah


Hukum ngeyel dan suka bebal dalam Islam

Baca Juga



๐Ÿ’ขHukum Ngeyel (Bebal/Suka Membantah)
.
๐Ÿ’ญBagaimana ya hukumnya ngeyel?
Kita sudah tau jelas hukumnya dari suatu permasalahan. Tapi kita masih terus mencari-cari celah untuk pembenaran. Seperti kasus sapi betina di zaman Nabi Musa alaihissalam.
.
▶Kejelasan hukum di sini perlu diperjelas, apakah ia benar dari sisi agama ataukah tidak. Jika seseorang sudah mengetahui dan memahami status hukum permasalahan berdasarkan dalil. Ia mengetahui dan memahami dalil beserta konsekwensi hukum yang mengikutinya, namun ia enggan menerimanya, maka ini adalah sifat yang tercela. Allah ta'ala berfirman :
.
ูˆَู…َุง ูƒَุงู†َ ู„ِู…ُุคْู…ِู†ٍ ูˆَู„َุง ู…ُุคْู…ِู†َุฉٍ ุฅِุฐَุง ู‚َุถَู‰ ุงู„ู„َّู‡ُ ูˆَุฑَุณُูˆู„ُู‡ُ ุฃَู…ْุฑًุง ุฃَู† ูŠَูƒُูˆู†َ ู„َู‡ُู…ُ ุงู„ْุฎِูŠَุฑَุฉُ ู…ِู†ْ ุฃَู…ْุฑِู‡ِู…ْ ۗ ูˆَู…َู† ูŠَุนْุตِ ุงู„ู„َّู‡َ ูˆَุฑَุณُูˆู„َู‡ُ ูَู‚َุฏْ ุถَู„َّ ุถَู„َุงู„ًุง ู…ُّุจِูŠู†ًุง (36)
.
"Dan tidaklah pantas bagi orang lelaki beriman dan wanita beriman apabila Allah dan Rasul-Nya telah menetapkan suatu urusan namun mereka memilih urusan yang lain. Barangsiapa bermaksiat kepada Allah dan Rasul-Nya, maka ia sungguh telah tersesat dengan kesesatan yang nyata." (Al-Ahzab : 36).
.
๐Ÿ”ฅJika hal tersebut terus-terusan dilakukan, dikhawatirkan ia akan terjerumus ke dalam jurang kekufuran, naudzubillah min dzalik. Apabila kita mendapati sekelompok orang dengan ciri-ciri ini maka hendaknya kita menasehatinya dan menempuh beberapa cara untuk membuka hati dan cakrawala berfikirnya dengan cara yang baik dan santun. Bisa didahului terlebih dahulu dengan memberikan hadiah untuk melunakkan hatinya.
.
๐Ÿ’•Yang terakhir adalah mendoakan hidayah untuknya, maka kita pun akan mendapatkan serupa dengan apa yang Allah ta'ala berikan kepadanya. Wallohu A'lam
.
•┈┈┈◎❅❀❦๐ŸŒธ❦❀❅◎┈┈┈•
.
☆Pegang erat sunnah dan gigitlah dengan geraham - Berani syar'i tanpa selfie☆
.
๐Ÿ”Š Disebarkan oleh :
.
๐Ÿ“ธ instagram : @muslimah.salafy
๐Ÿ’ป  facebook.com/muslimah.salafyy
๐Ÿ“ขTelegram : t.me/muslimahsalafyy
๐Ÿ“ฒ Group Line : muslimah.salafy
๐ŸŒ sumber : t.me/RTJIndonesiaMengaji
๐Ÿ‘คPemateri :  Ustadz Abul Aswad Al Bayaty ุญูุธู‡ ุงู„ู„ู‡
Share This Article Facebook +Google Twitter Digg Reddit
Comments
0 Comments

Berlangganan dakwah, masukan emailmu dibawah ini GRATIS