Cari Dakwah

Kesyirikan yang sering tidak disadari oleh pelakunya

Baca Juga



Kuatir tertimpa nasib sial yang dalam bahasa aqidah diistilahkan dengan At-thiyarah atau at-Tathayyur adalah bentuk kesyirikan yang masih menjamur di kalangan masyarakat kita. Perkara ini sudah diperingatkan oleh Rasulullah shallahu ‘alaiahi wasallam, beliau berkata: “Thiyarah (merasa sial) itu syirik, thiyarah itu syirik, thiyarah itu syirik dan setiap orang pasti (pernah terlintas dalam hatinya sesuatu dari hal ini). Hanya saja Allah menghilangkannya dengan tawakkal kepada-Nya.” (HR. Al-Bukhari dalam al-Adabul Mufrad no. 909)

Seorang yang bertathayur telah menyelisihi perkara tauhid dari dua sisi,
Pertama, orang yang bertathayyur tidak memiliki rasa tawakkal kepada Allah Azza wa Jalla dan senantiasa bergantung kepada selain Allah. Kedua, ia bergantung kepada sesuatu yang tidak ada hakekatnya dan merupakan sesuatu yang termasuk takhayyul dan keragu-raguan.” (diringkas dari al-Qaulul Mufid Syarah Kitab at-Tauhid)

Berikut ini contoh tathayyur yang menjamur di masyarakat kita.

# Mengirim SMS dengan isi yang mengancam akan terjadi kesialan jika tidak disebarkan.

# Merasa sial dengan waktu tertentu seperti bulan suro oleh sebagian daerah tertentu tidak boleh untuk acara pernikahan, karena dianggap ini bulan sial. Ada pula yang tidak boleh membuka bisnis karena bertepatan dengan kematikan kakeknya, dst.

# Untuk mencari hari baik untuk pernikahan, sebagian orang mendatangi orang tua untuk menghitung hari baik berdasarkan weton dll.

# Merasa sial dengan datangnya hewan tertentu, seperti burung gagak sering dianggap sebagai pembawa sial atau pertanda kematian.
# Ada pula suami di suatu daerah yang masih banyak percaya bahwa jika seorang istri sedang hamil maka suami tak boleh membunuh hewan apapun, karena itu bisa berakibat kesialan bagi anak yang akan lahir.

# Merasa sial dengan angka-angka tertentu, seperti angka 13 yang dianggap sial, sehingga seandainya engkau masuk lift di apartemen atau gedung tinggi di kota-kota besar, anda tidak akan menemui angka 13. Dan masih banyak yang lainnya.

Bimbinganislam.com
Share This Article Facebook +Google Twitter Digg Reddit
Comments
0 Comments

Berlangganan dakwah, masukan emailmu dibawah ini GRATIS