Search

Minuman yang dilaknat

Baca Juga :



MINUMAN YANG DILAKNAT .
Meminumnya sudah jelas masuk dalam dosa besar, tapi bagaimana dengan tidak meminumnya? Ternyata bila kita ikut andil dalam minum khamrnya seseorang, misalnya hanya meminta untuk membawakan gelas bir buat teman kita atau bahkan cuma menggeser gelas minuman bir ke teman kita, maka kitapun akan kecipratan dosa besar tersebut. Bagaimana dengan hanya mendrop teman ke beer garden, atau menyediakan rumah untuk pesta bir, atau bahkan mengiklankannya... dll, semua yang memfasilitasi hal ini akan kecipratan dosa khamr, dan ini bukanlah dosa kecil namun dosa besar karena yang melaknat adalah langsung dari Allah.
.
“Khamr itu induk segala keburukan. Barangsiapa yang meminumnya, maka Allah tidak akan menerima shalatnya selama empat puluh hari. Dan barangsiapa yang mati dimana khamr itu ada dalam perutnya, maka ia mati dalam keadaan jahiliyyah” (HR. Ath-Thabaraaniy).
.
Bagaimana kalau hanya mencicip sedikiiiit saja? Hmm... Kalau memfasilitasi saja sudah ikut kena laknat apalagi mencicip, walau hanya sedikit! Perhatikan sabda Rasulullah Shalallahu 'alaihi wa Sallam,"Setiap yang memabukkan adalah haram. Segala sesuatu yang jika dikonsumsi dalam jumlah tertentu bisa memabukkan maka mengkonsumsi sedikit hukumnya haram.” (HR. Ibn Majah no. 3392 dan disahihkan Al-Albani).
.
Berhati-hatilah bagi yang mau hang out dengan temanmu malam ini, ketahui benar apa acaranya, kegiatannya, apa ada minum-minum memabukkan, apa ngumpulnya di beer garden atau kafe-kafe yang mana nanti meja kita akan ditaruh gelas-gelas dan botol khamr? Atau kita mau memperkaya beer garden dan kafe-kafe tersebut agar bisa lebih banyak menyupply minuman keras yang beraneka ragam? Na'udzubillah min dzaalik, semoga kita tidak ermasuk orang yang dilaknat Allah. Oleh karena itu kita harus menghindari untuk berinteraksi dengannya (meminum, mengantarkan, menghidangkan, menjualnya, mempromosikan, membuatnya, dll).
.
Masih ada yang lain dan enak kok, misalnya jus alpukat, teh tarik dll

Alhikmah
Follow akun sosial media Foto Dakwah, klik disini

Klik disini untuk sedekah dakwah, untuk membantu dakwah kami

Share Artikel Ini

Related Posts

Comments
0 Comments