Search

Bahaya april mop 2015

Baca Juga :


HARI MELEGALKAN DUSTA?? 😱 Lelucon yang dibuat pada 1 April (April Mop) adalah lelucon yang penuh kedustaan. Intinya hanya ingin membuat orang lain tertawa karena kebodohan orang lain. Dan ini pun menyakiti dan menakut-nakuti orang yang dicandai.
Hadits di atas adalah ancaman baginda Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bagi para pelawak yang berdusta hanya ingin membuat penonton tertawa.

Kadang candaan dan lelucon yang dibuat dengan mengambil lalu menyembunyikan barang orang lain. “Tidak boleh seorang dari kalian mengambil barang saudaranya, baik bercanda maupun serius.” (HR. Abu Daud & Tirmidzi). Orang yang mengambil hendaklah mengembalikannya, “Siapa yang mengambil tongkat saudaranya, hendaklah mengembalikannya” (HR. Abu Daud)

Kita sering dahulu melihat ada yang melakukan seperti itu. Ada yang sengaja menyembunyikan barang milik temannya. Ketika ia mencari ia pun kebingungan. Nah, ketika sudah pada puncak kebingungan setelah lama mencari, barulah barang miliknya dikembalikan. Hal ini tidaklah dibolehkan karena membuat orang lain takut / cemas walau maksudnya bercanda namun ini termasuk dosa. “Tidak halal bagi seorang muslim menakut-nakuti muslim yang lain.” (HR. Abu Daud & Ahmad). Wallahu a'lam

 ðŸ‘¤ Ust. Muhammad Abduh Tuasikal

Follow akun sosial media Foto Dakwah, klik disini

Klik disini untuk sedekah dakwah, untuk membantu dakwah kami

Share Artikel Ini

Related Posts

Comments
0 Comments