Search

Berikanlah berita gembira kepada orang-orang yang sabar

Baca Juga :


“Dan sungguh akan Kami berikan cobaan kepadamu, dengan sedikit ketakutan, kelaparan, kekurangan harta, jiwa dan buah-buahan. Dan berikanlah berita gembira kepada orang-orang yang sabar. (yaitu) orang-orang yang apabila ditimpa musibah, mereka mengucapkan: “Inna lillaahi wa innaa ilaihi raaji´uun”. Mereka itulah yang mendapat keberkatan yang sempurna dan rahmat dari Tuhan mereka dan mereka itulah orang-orang yang mendapat petunjuk.” (QS. Al-Baqarah: 155-157)

Setiap hamba akan mengalami dan mendapatkan musibah, cobaan, dan ujian. Bagi mereka yang ridha atas ujian tersebut, maka bagi mereka ridha Allah. Dan barangsiapa yang murka atas musibah dan ujian tersebut, bagi mereka murka pula.

Barangsiapa yang murka dan kufur ketika musibah menimpanya, maka ia dicatatkan dalam daftar orang-orang yang binasa. Barangsiapa yang berputus asa dan meratapi apa yang menimpanya, maka ia dicatatkan termasuk orang-orang yang berputus asa dari rahmat Allah. Barangsiapa yang mencela takdir Allah dan mengkritik hikmah keputusan Allah, maka ia termasuk orang-orang yang merugi. Barangsiapa yang ridha, maka ia dicatat ke dalam golongan orang-orang yang ridha. Barangsiapa yang bersabar, maka ia dicatat sebagai orang-orang yang bersabar. Dan barangsiapa yang bersyukur atas ujian yang menimpanya, maka ia dimasukkan ke dalam golongan orang-orang yang senantiasa memuji Allah dan bersyukur kepada-Nya.

Jika demikian halnya, maka yang perlu diketahui oleh setiap muslim dalam permasalahan musibah, cobaan, dan ujian adalah bagaimana Islam menuntunkan seorang muslim ketika mendapatkan hal-hal demikian.

Musibah adalah sesuatu yang menyesakkan dan membuat seseorang terluka. Namun jika seseorang telah mendapat petunjuk dengan hidayah Islam, maka luka tersebut pun akan mudah terobati. Obat dalam permasalahan ini sangatlah jelas dalam tuntunan Islam. Akan tetapi taufik tetap di tangan Allah Jalla wa ‘Ala. Seseorang tidak akan mampu berpegang teguh dengannya kecuali atas izin Allah Ta’ala.

Semoga Allah mengarunia kita sifat mudah mengambil pelajaran dan hikmah dari apa yang kita alami. Semoga Dia memberi petunjuk kepada kita semua pada jalan yang lurus dan memperbaiki keadaan kita semua.

Salam dakwah
Follow akun sosial media Foto Dakwah, klik disini

Klik disini untuk sedekah dakwah, untuk membantu dakwah kami

Share Artikel Ini

Related Posts

Comments
0 Comments