Cari Dakwah

Mempersiapkan kematian, lebih penting dari pada merayakan ulang tahun

Baca Juga :


MAAF, AKU TIDAK MERAYAKANNYA

Sikap yang Islami dalam menghadapi hari ulang tahun adalah: tidak mereyakannya, tidak  mengadakan perayaan khusus, biasa-biasa saja dan menghindari perayaan semacam itu.
Mensyukuri nikmat Allah berupa kesehatan, kehidupan, usia yang panjang, sepatutnya dilakukan setiap saat bukan setiap tahun. Dan tidak perlu dilakukan dengan ritual atau acara khusus, Allah Maha Mengetahui yang nampak dan yang tersembunyi di dalam dada.
Demikian juga refleksi diri, mengoreksi apa yang kurang dan apa yang perlu ditingkatkan dari diri kita selayaknya menjadi renungan harian setiap muslim, bukan renungan tahunan.

Islam sudah mempunyai Hari Raya,  Rasulullah Shallallahu’alaihi Wasallam bersabda, “Setiap kaum memiliki Ied, dan hari ini (Iedul Fitri) adalah Ied kita (kaum Muslimin)” [HR. Bukhari-Muslim]

Nah, jika kita mengadakan hari perayaan tahunan yang tidak termasuk dalam  hari raya yang telah disebutkan, maka Ied milik kaum manakah yang kita rayakan tersebut?
Yang pasti bukan milik kaum muslimin.
Padahal Rasulullah Shallallahu’alaihi Wa sallam bersabda, “Orang yang meniru suatu kaum, ia seolah adalah bagian dari kaum tersebut” [HR. Abu Dawud, disahihkan oleh Ibnu Hibban]

Semoga manfa'at

Islamdiaries

Ayo bergabung bersama Tim Foto Dakwah, klik disini untuk donasi

Share Artikel Ini

Related Posts

Comments
0 Comments