Search

Amalan saat terjadi gerhana

Baca Juga :



AMALAN SAAT TERJADI GERHANA 🌘 
Terdapat kemungkinan akan terjadi gerhana bulan pada esok hari (Sabtu, 4 April 2015). Walaupun hal ini belumlah pasti, namun ada baiknya agar kita bersiap-siap.

Rasulullah shallallahu’alaihi wa sallam bersabda,
“Sesungguhnya matahari dan bulan adalah dua tanda dari tanda-tanda kebesaran Allah, tidaklah terjadi gerhana karena kematian seseorang, tidak pula karena kelahirannya, maka jika kalian melihat gerhana, berdoalah kepada Allah, bertakbir, sholat dan bersedekah.” [HR. Al-Bukhari dan Muslim dari Aisyah radhiyallahu’anha]

Dalam hadits yang mulia ini Rasulullah shallallahu’alaihi wa sallam mengaitkan antara memperbanyak doa, takbir, sholat (afdholnya berjamaah di masjid) dan sedekah dengan “melihat” gerhana. Maka penduduk suatu daerah yang melihat kejadiannya, disyari’atkan bagi mereka untuk melakukan amalan-amalan tersebut. Adapun yang tidak melihatnya secara langsung (yaitu penduduk suatu daerah tidak melihat gerhana, walau di daerah lain terlihat), apakah karena terhalang mendung atau sebab yang lainnya, maka tidak disyari’atkan bagi mereka untuk melakukan itu hanya berdasarkan berita-berita media atau informasi dari ahli astronomi.

Asy-Syaikhul ‘Allaamah Ibnu Baz rahimahullah berkata, “Adapun berita-berita ahli astronomi tentang waktu-waktu gerhana maka tidak boleh dijadikan sandaran untuk melakukan sholat gerhana, dan hal tersebut telah ditegaskan oleh banyak ulama, diantaranya Syaikhul Islam Ibnu Taimiyah dan murid beliau Al-‘Allamah Ibnul Qoyyim rahmatullaahi ‘alaihima, karena para ahli astronomi tersebut kadang salah dan kadang benar dalam hisab mereka, maka tidak boleh bersandar kepada mereka, dan tidak disunnahkan bagi seorang pun untuk melakukan sholat gerhana dengan bersandarkan pendapat mereka, hanyalah sholat gerhana itu disyari’atkan ketika telah benar-benar terjadi dan disaksikan secara langsung.

Alhikmah
Follow akun sosial media Foto Dakwah, klik disini

Klik disini untuk sedekah dakwah, untuk membantu dakwah kami

Share Artikel Ini

Related Posts

Comments
0 Comments