Search

6 cara terapi dengki

Baca Juga :


6 TERAPI DENGKI 😬 Saat Nabi Adam alaihissalam diciptakan, iblis pun terkena penyakit ini yg membuatnya dilaknat oleh Allah. Maka seorang muslim yg hanif tentulah sadar bahwa dengki / iri hati / hasad adalah penyakit yg harus diatasi mengingat bahaya yg ditimbulkannya teramat besar. Berikut bbrp kiat utk mengatasi penyakit dengki:
:
1⃣ Mengakui bahwa dengki itu merupakan sebuah penyakit akut yg harus dihilangkan.
:
2⃣ Meng-imani bahwa segalanya telah ditetapkan berdasarkan qadha & qadar-Nya kepada para hamba-Nya, tidak akan berubah & tertolak karena ketamakan & kedengkian seseorang. Pada hakekatnya, memiliki sifat dengki berarti mengotori keimanan yg dimiliki.
:
3⃣ Membiasakan memaksakan diri melakukan kebalikan dari perbuatan negatif yg muncul akibat dari sifat dengki/hasad dgn amalan bermanfaat. Allah ta’ala berfirman,
"Tolaklah (kejahatan itu) dengan cara yang lebih baik, Maka tiba-tiba orang yang antaramu dan antara Dia ada permusuhan seolah-olah telah menjadi teman yang sangat setia" (QS. Fushshilat: 34)
:
Jika sifat dengki mendorong kita utk menggunjing / memfitnah orang yg didengki, maka paksakan lidah utk memberikan pujian kepadanya. Jika dengki membuat jadi bersikap sombong, maka paksakan bersikap tawadhu, memuliakan org yg didengki. Jika dengki membuat haus kedudukan & jabatan, maka paksakan diri bersifat zuhud. Jika dengki membuat jadi rakus harta maka paksakan utk berinfak, dst. Di awal mungkin terasa berat, namun dgn pertolongan Allah, semoga kita bisa terbiasa melakukannya dgn ikhlas, hingga hal itu menjadi bagian dari karakter kita.
:
4⃣ Tetap memohon karunia-Nya. Allah berfirman,
“...(karena) bagi orang laki-laki ada bahagian dari pada apa yang mereka usahakan, dan bagi para wanita (pun) ada bahagian dari apa yang mereka usahakan, dan mohonlah kepada Allah sebagian dari karunia-Nya. Sesungguhnya Allah Maha mengetahui segala sesuatu” (QS. An Nisa: 32)
:
5⃣ Memohon kpd Allah agar berkenan mengeluarkan penyakit dengki dari hati.
:
6⃣ Banyak mengingat mati. Abu Darda radhiallahu ‘anhu berkata,
“Seorang yang memperbanyak mengingat mati, niscaya akan sedikit girangnya dan sedikit pula sifat hasadnya”
:
Semoga dimudahkan...
:
🌐 ref: muslim.or.id

Alhikmah
Follow akun sosial media Foto Dakwah, klik disini

Klik disini untuk sedekah dakwah, untuk membantu dakwah kami

Share Artikel Ini

Related Posts

Comments
0 Comments