Cari Dakwah

Catatan kajian urgensi meraih harta halal dengan profesi yang halal

Baca Juga :

Fotodakwah.com -

🌼Urgensi Meraih Harta halal dengan profesi yang halal🌼
        Khomis , 17 Sya'ban  1436H
    Ust Dr Erwandi Tarmidzi , LC, MA
       Masjid Pusdiklat PLN Ragunan


🔼Usaha jika keuntungan lebih dari 100% apakah boleh ?  Contoh usaha kaos sablon dengan tulisan.
🔹 Jika dzat yang diperjual belikan tidak dibolehkan maka labapun tidak dibolehkan meski 1%
🔹Jika dzatnya halal , keuntungan lebih dr 100% diperbolehkan selama  tidak menipu karena Rasulullah  shallallahu  alaihi  wassalam  pernah membeli 2 ekor kambing 1 dinar , kemudian terjual 1 ekor kambing seharga 1 dinar sehingga keuntungan 100% didalam HR bukhari dan muslim.
Contoh lagi : mengambil kayu gaharu di hutan secara gratis dijual di amerika dengan harha 100$ maka keuntungan  100$ , ini diperbolehkan.

🔼Urgensi profesi halal , seorang bekerja 4tahun lalu di bank konven , kemudian dia resign . Akan tetapi dia masih ikatan dinas , dan waktu itu dalam keadaan sakit dan resign , bank nya mengijinkan karena kondisinya sakit. Tapi karena ikatan dinas jadi ijazahnya ditahan dan dianggap masih memiliki denda karena resign.
🔹📖 Q.S 2: 279 : Maka jika kamu tidak mengerjakan (meninggalkan sisa riba), maka ketahuilah, bahwa Allah dan Rasul-Nya akan memerangimu. Dan jika kamu bertaubat (dari pengambilan riba), maka bagimu pokok hartamu; kamu tidak menganiaya dan tidak (pula) dianiaya.
🔹 Orang yang memakan riba akan datang di akhirat  demgan jalan sempoyongan. Sebagian ahli tafsir menafsirkan  dia sempoyongan tidak hanya di akhirat tapi juga di dunia.
🔹 Dendanya dari bank ini adalah riba , jadi tinggalkan saja ijazahnya karena kemungkinan tanpa ijazah Allah akan memberikan rezeki yang melimpah.
📖 HR : Siapa yang meninggalkan sesuatu karena Allah maka Allah akan menggantinya dengan yang lebih baik.

🔼 Tentang jual beli saham , investasi saham tanpa spekulasi apakah boleh? Jika boleh jenis perusahaan seperti apa? Dan apa hukumnya kita membeli produk produk dr perusahaan non muslim yang ada Indikasi  untuk menyerang  palestin.
🔹jual beli saham diperbolehkan  jika usahanya halal , perusahaan tsb tidak punya pinjaman riba tapi kita tidak  mengetahui apakah ada perusahaan seperti ini dan ini harus di cek di ad art perusahaan  nya apakah diperbolehkan untuk meminjam dana dgn riba , jika jelas maka diperbolehkan.
🔹 Di zaman Rasulullah shallallahu  alaihi  wassalam  yahudi juga menyerang dan para sahabat  juga berdagang dengan mereka sehingga tidak mengapa asal dagangnya dengan cara yang halal karena yang dibeli adalah produknya dan kita tidak tau uang kita akan jadi peluru apa nggak.

🔼Apakah menggunakan kartu kredit konvensional dengan cicilan bunga 0%
🔹 Yang jadi permasalahan adalah akad di awal syaratnya jika telat ada denda dan kita menyetujui persyaratan riba tersebut.
🔹 Walaupun di bank syariah , kartu kredit juga ada denda  jika terlambat maka inipun riba.

🔼Ada kerugian  bisnis 3 bulan lalu , sudah terlanjur bisnis dengan  pinjaman 26 kartu kredit tapi masih memiliki denda  kartu kredit.
🔹📖  Al baqarah : 276
Allah menghancurkan riba dan menyuburkan sedekah. Dan Allah tidak menyukai setiap orang yang tetap dalam kekafiran, dan selalu berbuat dosa.
🔹Allah sudah menjelaskan Allah menghancurkan riba maka kesuksesan tidak akan diperoleh dengan riba dan ini juga disetujui oleh pakar pakar ekonom.
🔹Lebih baik di bayar modalnya saja tanpa bunga.

🔼Dengan salah satu bank kita ada perjanjian sistem bagi hasil , karena perusahaannya rugi maka bank nya meminta uang di kembalikan.
🔹 Maka , ini adalah pinjam meminjam riba .

🔼Belakangan ini banyak  properti tanpa riba. Setelah ditanyakan akadnya masih mengarahkan dgn bank syariah.  Dan jika benar ada terkait  dengan akad sebaiknya seperti apa?
🔹Properti dengan syar'i  apakah mungkin ?  Sangat  mungkin , langkahnya adalah buat rumah misal harga 100jt dgn cash , dan jika 10 th jadi 200jt , dicicil lama tanpa bunga maka ini tidak masalah.

🔼Apakah ada cara khusus untuk mengubah akad bunga dan dendannya hilang?
🔹Jika bank konven tidak mungkin tapi jika syariah masih memungkinkan jika bank nya  menyetujui yang disetujui.

🔼Ada beberapa BPR tentang denda di bank syariah   itu tidak digunakan untuk bank tapi  sosial .
🔹Jika memang benar kenapa tidak  dipungut saja kenapa harus denda. Ini namanya riba juga .

🔼Tentang reseller yang harus membeli sejumlah produk dan membayar sejumlah sekian apakah boleh?
🔹Membayar tidak boleh
🔹Membeli sejumlah produk boleh tapi putus hubungan dengan penjual tidak ada syarat harus menjual sejumlah sekian dst.

🔼Masih memiliki kredit pinjaman riba rumah di bank konvensional , apakah bisa dipindahkan ke syariah?
🔹Tidak bisa  , karena akadnya tetap riba dan akan 2x riba.
🔹Caranya , jual rumahnya , dan tutup kredit pinjaman ribanya. Kemudian sisanya bisa beli rumah baru. Lagi pula harga jualnya sudah lebih mahal dr harga beli dulu.

🔼Menjual barang orang lain yang belum di di dia ( reseller) , dan penjualnya mengijinkan untuk menjualkan.
🔹boleh

🔼Menjual voucher pulsa tapi harus menggunakan kartu kredit. Dan akhirnya beli dari orang lain , orang lain itu membeli dengan kartu kredit.
🔹  Tidak masalah , karena yang beli dengan kartu kredit adalah orang lain.

🔼Profesi adalah jasa penilai , penilai saham dan properti , tapi yang menjadi masalah adalah selalu dikaitkan dengan bank konvensional. Sebanarnya sudah tidak merasa nyaman , tapi sudah banyak cabang dan memiliki karyawan 100 orang. Jika keluar perusahaan harus ganti nama karena namanya yang digunakan
🔹Memang perusahaan ini tidak terkait riba secara langsung tapi membantu riba.
🔹Buat perusahaan baru yang tidak ada client riba untuk properti bank konvensional.

🔼Bekerja di salah satu tv swasta dibagian produksi yang banyak ghibah , musik dan membuka aurat. Rencana mau resign setelah lebaran. Jika hijrah di tv tsb tapi tidak di produksi misal finance? Dan bagaimana mengukur diri bahwa kita benar benar hijrah?
🔹Resign secepatnya.
🔹Hijrah sepenuhnya  meski dibidang lain tapi tetap tidak dibolehkan.

🔼Pelarangan jual beli masjid batasnya sampai mana?
🔹Batasnya sampai pada kemungkinan perluasan masjid seperti yang di fatwakan di saudi arabia bahwa batas masjidil haram sampai pagar.

🔼Bagaimana kalau menerima nafkah dari hasil suami dari pemain musik.
🔹Jika memiliki nafkah sendiri maka gunakan itu jangan menggunakan  nafkah dr suami karena musik adalah haram

🔼Bekerja di perusahaan yang mengalami perkembangan dari permodalan riba tapi jasa nya halal yaitu pemeriksaan barang barang perkebunan.
🔹Boleh  , meski tau asal bukan bagian pembukuan ribanya .

🔼Memiliki usaha konstruksi , misal kita menawarkan barang dengan item dengan volume dan harga .  Harga memang sesuai tapi volumenya kadang tidak sesuai dengan di awal . Apakah masuk didalam nya mempermainkan timbangan.
🔹Iya termasuk , di akhir dihitung  ulang .
🔹Di awal disebutkan bahwa volume bisa jadi berbeda di akhir maka jika terjadi perbedaan harus dihitung ulang dengan akad yang  baru. Kecuali jika menjual rumah dengan bentuk rumah tanpa  detail material meski di awal di setujui syarat perbedaan volume itu di perjanjian .

🔼Bekerja di konstruksi  listrik dan dijual PLN. Tapi perusahaannya menggunakan  pemodalan bank riba. Dan dia masuk di dalam divisi yang memutuskan kerjasama dengan bank riba .
🔹Lebih baik ditinggalkan.

🔼Bekerja di distributor  alat laboratorium di bagian keuangan terkadang sbg penyedia cash back ke customer .
🔹Tidak boleh karena  sogokan ( risywah)

@oelpha_hasana
Follow akun sosial media Foto Dakwah, klik disini

Klik disini untuk sedekah dakwah, untuk membantu dakwah kami

Share Artikel Ini

Related Posts

Comments
0 Comments