Search

Mendapatkan pahala puasa orang lain

Baca Juga :


MENDAPATKAN PAHALA PUASA ORANG LAIN😅

Bulan Ramadhan adalah bulan dimana amal kebaikan dilipat gandakan, sehingga menjadi kesempatan yang sangat baik untuk beramal. Banyak amalan sederhana yang bisa dilakukan dan menuai ganjaran yang luar biasa besarnya. Misalnya dengan memberi hidangan berbuka puasa atau bahkan hanya dengan memberi secangkir teh, secuil kurma atau snack bagi orang yang berpuasa, itu pun bisa menjadi ladang pahala. Maka jangan lewatkan kesempatan emas ini.

Inilah janji pahala yang Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam sebutkan,
“Siapa memberi makan orang yang berpuasa, maka baginya pahala seperti orang yang berpuasa tersebut, tanpa mengurangi pahala orang yang berpuasa itu sedikit pun juga.” (HR. Tirmidzi & Ahmad)

Al Munawi rahimahullah menjelaskan bahwa memberi makan buka puasa di sini boleh jadi dengan makan malam, atau dengan kurma. Jika tidak bisa dengan itu, maka bisa pula dengan seteguk air.

Ath Thobari rahimahullah menerangkan, “Barangsiapa yang menolong seorang mukmin dalam beramal kebaikan, maka orang yang menolong tersebut akan mendapatkan pahala semisal pelaku kebaikan tadi. 

Sungguh luar biasa pahala yang diiming-imingi.Sungguh Maha Pemurah Allah...

Di antara keutamaan lainnya bagi orang yang memberi makan berbuka adalah do’a dari orang yang menyantap makanan berbuka. Jika orang yang menyantap makanan mendoakan si pemberi makanan, maka sungguh itu adalah do’a yang terkabulkan. Karena memang do’a orang yang berbuka puasa adalah do’a yang mustajab. 

TIPS

✅ Bagi orang yang sedang safar, sakit, atau wanita yang sedang menyusui, dapat bulan, atau hamil yang berhalangan untuk puasa Ramadhan tahun ini, tidak ada salahnya untuk tidak menyia-nyiakan meraih faidah dengan mencoba amalan yang satu ini, misalnya dengan menyedekahkan sejumlah dana untuk berbuka ke masjid-masjid.

✅ Yang paling afdhol adalah meraih pahala puasa orang soleh. Misalnya dengan memberi buka puasa untuk kebutuhan pesantren, ustadz, dsb.

✅ Menceritakan keutamaan amalan ini kepada anggota keluarga kita, misalnya anak kita yang masih kecil namun ikut membantu menyuguhkan hidangan berbuka bagi orang tuanya.

Wallahu a'lam bishshawwab
Semoga bisa diamalkan 

Alhikmah
Follow akun sosial media Foto Dakwah, klik disini

Klik disini untuk sedekah dakwah, untuk membantu dakwah kami

Share Artikel Ini

Related Posts

Comments
0 Comments