Search

Pahala haji dan umroh sempurna

Baca Juga :


DAHSYATNYA MENUNGGU SHOLAT SYURUQ/ISYRAQ 😅

“Barangsiapa yang shalat shubuh berjamaah lalu dia duduk berdzikir sampai terbitnya matahari terbit, kemudian mengerjakan shalat dua rakaat, maka ia akan mendapatkan pahala haji dan umrah. Rasulullah Shalallahu 'Alaihi wa Sallam mengatakan "sempurna, sempurna, sempurna (pahalanya).”
(HR. At-Tirmidzi)

Hadits yang agung ini menunjukkan besarnya keutamaan duduk menetap di tempat shalat setelah shalat shubuh berjamaah untuk berzikir kepada Allah sampai matahari terbit kemudian melakukan shalat dua rakaat.

MAKNA 

✅ “…sampai matahari terbit“ (SYURUQ). Saat itu JANGAN langsung sholat, tapi TUNGGU DULU sekitar 15 menit, karena Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam melarang shalat ketika matahari terbit, terbenam, dan ketika lurus di tengah-tengah langit. Kerjakanlah sholat sunnah Syuruq / Isyroq dua rakaat dan itu sama dengan sholat Dhuha. Jadi Anda sudah terhitung sholat Dhuha.
.
✅ "Duduk berdzikir". Jika duduk tertidur, ngobrol / aktivitas akan hal-hal yang tidak termasuk dzikir, maka tidak mendapatkan fadlilah ini. Termasuk berdzikir adalah membaca Al-Quran, beristighfar, membaca buku-buku agama, memberikan nasihat, diskusi masalah agama, atau amar ma’ruf nahi mungkar. Bila wudhunya batal, maka dibolehkan keluar mesjid untuk berwudhu dan segera kembali ke mesjid.
.
✅ Pengulangan kata “sempurna” dalam hadits ini adalah sebagai penguat dan penegas, dan bukan berarti mendapat tiga kali pahala haji dan umrah.

✅ Makna “mendapatkan (pahala) seperti pahala haji dan umrah” adalah hanya dalam pahala dan balasan, dan bukan berarti orang yang telah melakukannya tidak wajib lagi untuk melaksanakan ibadah haji dan umrah jika dia mampu.

BAGAIMANA DENGAN WANITA YANG AFDHOL SHOLATNYA DI RUMAH?

Jika seorang wanita shalat subuh (di rumahnya) kemudian duduk berdzikir di tempat shalat di dalam rumahnya sampai terbit matahari maka dia juga mendapat pahala sebagaimana yang disebutkan dalam hadits…”
(Menurut Syaikh Abdul Aziz Ibn Bazz)

Wallahu a'lam bish shawwab

Allah Maha Pemurah yaa? 😋Yuk kita amalkan, apalagi di bulan Ramadhan ini dimana nilai pahala dilipat gandakan 😅

Alhikmah
Follow akun sosial media Foto Dakwah, klik disini

Klik disini untuk sedekah dakwah, untuk membantu dakwah kami

Share Artikel Ini

Related Posts

Comments
0 Comments