Cari Dakwah

Cukup Allah Ta'ala yang tahu

Baca Juga :


CUKUP ALLAH TA'ALA YANG TAHU

Diantara penyakit hati yang sangat berbahaya dan membinasakan serta sering menjangkiti hati seorang muslim dan muslimah adalah sikap ‘Ujub. Yaitu seseorang merasa terpukau dan bangga terhadap dirinya sendiri. 
Apakah ia merasa bangga diri dengan ilmunya, amal ibadahnya, popularitasnya, harta bendanya, jabatan, title dan kedudukannya, banyaknya majlis ta’lim yang diselenggarakannya dan jama’ah yang hadir di dlmnya, ketampanan atau kecantikannya, atau dengan hal-hal selainnya dari urusan agama maupun dunia.

Di dalam sebuah hadits, Rasulullah shallallahu alaihi wasallam bersabda:

Artinya: “Ada tiga perkara yang akan membinasakan pelakunya, (yaitu): 1. Kekikiran yang sangat yang selalu ditaati,

2. Hawa nafsu yang selalu diikuti,

3. Dan seseorang merasa bangga dengan dirinya sendiri.” (Diriwayatkan oleh Al-Baihaqi, dan dinyatakan Hasan oleh syaikh Al-Albani rahimahullah). Perhatikan perkataan ulama sunnah dari generasi as-salafus sholih tentang rasa takut mereka thdp penyakit ‘ujub.

Diriwayatkan bahwa ada seorang laki-laki berkata kepada Abdullah bin Umar bin Khoththob radhiyallahu anhuma: “Wahai orang terbaik, atau anak dari orang terbaik.” Maka Abdullah bin Umar menjawab: “Aku bukanlah orang terbaik, juga bukan anak dari orang terbaik. Tapi aku hanyalah salah seorang hamba Allah yang selalu berharap dan merasa takut kepada-Nya. Demi Allah, kalo kalian senantiasa bersikap seperti itu (yaitu memuji secara berlebihan) terhadap seseorang, justru kalian akan membuatnya celaka/binasa.” (Lihat Siyaru A’laami An-Nubala’ karya imam Adz-Dzahabi III/236). Imam Asy-Syafi’i rahimahullah berkata: “Kalau kamu merasa khawatir terhadap sikap ‘ujub atas amal perbuatanmu, maka ingatlah keridhoan siapakah yang (sedang kau cari dan) menjadi tujuan dari amalanmu? Di alam kenikmatan siapakah engkau hendak berlabuh? Dan dari siksa yang manakah engkau berupaya menghindarkan dirimu (darinya)?.” (Lihat Siyaru A’laami An-Nubala’ karya imam Adz-Dzahabi X/42)

So... Allah Ta'ala itu Maha Mengetahui.. Jadi gak perlu kita share semua ibadah kita di SosMed. 
Semoga manfa'at
Disarikan dari Ust. M. Washito, MA

Ayo bergabung bersama Tim Foto Dakwah, klik disini untuk donasi

Share Artikel Ini

Related Posts

Comments
0 Comments