Search

Indikator keberhasilan ramadhan kita

Baca Juga :


Ramadhan akan segera berakhir. Rasanya belum banyak yg bisa kita lakukan utk mengoptimalkan Ramadhan bagi peningkatan taqwa. Tapi apa dikata, Ramadhan tetap akan berakhir & kita berharap semoga Ramadhan yg akan datang dapat jumpai lagi dg tekad bisa mengisinya dg sesuatu yg lebih baik.
.
Ada beberapa indikasi yg bisa kita jadikan patokan utk menilai diri, apakah ibadah Ramadhan kita berhasil/tidak.
.
1. Tauhid yg Mantap
Untuk menunjukkan keberhasilan ibadah Ramadhan, maka kita akhiri Ramadhan dg takbir, tahlil & tahmid yg merupakan kalimat tauhid.
Perintah ini memang terdapat dlm firman Allah yg artinya: Dan hendaklah kamu cukupkan bilangannya & hendaklah kamu kamu mengagungkan Allah atas petunjuk-Nya yg diberikan kepadamu, supaya kamu bersyukur.
(Qs. 2:185)
.
2. Akhlak yg Mulia
Ibadah Ramadhan telah mendidik kita utk selalu berakhlak mulia, karenanya keberhasilan ibadah Ramadhan membuat akhlak/moral yg tercela terkikis habis dari jiwa & kepribadian kita.
.
3. Semangat Menimba Ilmu
Aktivitas Ramadhan juga telah merangsang kegairahan kita utk menimba ilmu pengetahuan, khususnya yg menyangkut pendalaman ajaran Islam. Kuliah subuh, kuliah zuhur, ceramah tarawih, pesantren Ramadhan & studi keislaman lainnya di bulan Ramadhan merupakan aktivitas-aktivitas yg merangsang semangat kita utk menimba ilmu pengetahuan. Aktivitas ini membuat kita tidak hanya lebih panatis sbg seorang muslim, tapi juga paham & memiliki wawasan keislaman yg lebih baik.
.
4. Semangat Memakmurkan Masjid
Ramadhan juga telah melatih kita utk kembali ke masjid, kembali memakmurkan masjid, kembali beraktivitas di masjid. Itu sebabnya selama Ramadhan, kita rasakan masjid-masjid kita relatif lebih makmur, pengurus & jamaahnya lebih aktif & aktivitas lebih banyak & bervariasi.
.
5. Solidaritas Sosial yg Tinggi
Ibadah Ramadhan juga telah mendidik kita utk merasakan betapa tidak enaknya lapar & haus itu yg juga telah disertai dg menunaikan kewajiban zakat fitrah bahkan diselingi dg infaq & shadaqah yg kesemua itu bermuara pd penumbuhan & pemantapan rasa tanggungjawab sosial.
.
Semoga bermanfaat :)
Follow akun sosial media Foto Dakwah, klik disini

Klik disini untuk sedekah dakwah, untuk membantu dakwah kami

Share Artikel Ini

Related Posts

There is no other posts in this category.

Comments
0 Comments