Search

Jangan jadikan idul fitri ajang mengumpulkan dosa, salaman dengan siapa?

Baca Juga :



semoga Allah menerima amalan aku dan kalian. dalam ramadhan ini ...
namun please......jangan kau kumpulkan kembali puing puing ancaman dosa dalam hari ied anda...hanya karena kita terlalu tidak peduli dengan larangan Nabi kita yang mulia shallallahu ‘alaihi wa sallam

lihat pendapat ulama ini

Ulama Malikiyyah mengharamkan berjabat tangan dengan wanita non mahram meskipun sudah tua yang laki-laki tidak akan tertarik lagi padanya. Mereka berdalil dengan dalil keumuman dalil yang menyatakan haramnya.

Sedangkan ulama Syafi’iyyah berpendapat haramnya bersentuhan dengan wanita non mahram, termasuk pula yang sudah tua. Syafi’iyah tidak membedakan antara wanita tua dan gadis.

Sedangkan berjabat tangan antara laki-laki dengan gadis yang bukan mahramnya, dihukumi haram oleh ulama madzhab yaitu Hanafiyah, Malikiyyah, Syafi’iyyah dan Hambali dalam pendapat yang terpilih

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,
لأَنْ يُطْعَنَ فِي رَأْسِ رَجُلٍ بِمِخْيَطٍ مِنْ حَدِيدٍ خَيْرٌ لَهُ مِنْ أَنْ يَمَسَّ امْرَأَةً لا تَحِلُّ لَهُ
“Ditusuknya kepala seseorang dengan pasak dari besi, sungguh lebih baik baginya daripada menyentuh wanita yang bukan mahramnya.” (HR. Thobroni dalam Mu’jam Al Kabir 20: 211. ).

Hadits ini sudah menunjukkan kerasnya ancaman perbuatan tersebut, Sedangkan bersalaman atau berjabat tangan sudah termasuk dalam perbuatan menyentuh.
Follow akun sosial media Foto Dakwah, klik disini

Klik disini untuk sedekah dakwah, untuk membantu dakwah kami

Share Artikel Ini

Related Posts

Comments
0 Comments