Search

Orang yang bangkrut

Baca Juga :



ORANG YANG BANGKRUT

Tatkala kaum mu'minin telah selamat dari Shirath (titian diatas Neraka) maka sebelum masuk ke dalam surga mereka ditahan oleh Allah diatas Qantharah (Jembatan antara Surga dan Neraka), untuk menyelesaikan perkara yang terjadi diantara mereka. Nabi Shalallahu 'Alaihi Wasallam bersabda,
“Setelah orang-orang mu’min selamat dr Neraka, mereka akan ditahan diatas Qantharah tuk ditegakkan Qishash diantara mereka, guna menyelesaikan kezhaliman serta hutang piutang yang terjadi sesama mereka di dunia. Sehingga tatkala mereka telah dibersihkan dan disucikan, maka mereka diizinkan masuk ke dalam surga”. (HR. al-Bukhari)

Segala bentuk kezhaliman yang terjadi diantara mereka di dunia akan diadili di sana. Orang yang menzhalimi saudaranya entah dengan tangan, atau lisan akan dimintai pertanggung jawaban, atas kezhaliman yang mereka lakukan terhadap saudara mereka.

Disaat itu, Allah menjadikan amalan sebagai alat untuk menebus kezhaliman. Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda,
“Apakah kalian mengetahui siapakah orang yang bangkrut?”. Para sahabat menjawab, ”Orang yang bangkrut di antara kami ialah orang yang tidak memiliki uang maupun harta benda.” Maka beliau bersabda, ”Sesungguhnya orang yang bangkrut di kalangan umatku ialah orang yang datang pada hari kiamat dengan pahala shalat, puasa, zakat, namun ia telah menghina fulan, menuduh fulan, memakan harta fulan, menumpahkan darah fulan, memukul fulan, sehingga pahalanya diberikan kepada si fulan ini, dan diberikan kepada si fulan itu. Maka jika pahalanya telah habis, sebelum permasalahannya selesai, dosa-dosa si fulan akan dibebankan kepadanya, kemudian ia dicampakan ke dalam Neraka." (HR. Muslim)

Sungguh merugi, bangkrut orang ini. Sebab ia telah selamat dari Shirath dan selangkah lagi masuk surga, namun karena kezhaliman yang dia lakukan terhadap saudaranya, ia pun diseret kembali ke Neraka.

Mari perhatikanlah diri kita, jangan sampai kita menjadi orang yang bangkrut di hari kiamat.

🌐 BB Dakwah Al-Sofwa 
Follow akun sosial media Foto Dakwah, klik disini

Klik disini untuk sedekah dakwah, untuk membantu dakwah kami

Share Artikel Ini

Related Posts

Comments
0 Comments