Search

Annisa Nadhila Issadi : Sholat dinegeri sendiri malah diketawain

Baca Juga :

Ini sebuah kisah nyata yang kami kutip dari fb Annisa Nadhila Issadi :

Share pengalaman.. Solat di negeri sendiri malah diketawain T___T
Kemaren aku sama Friz berdua barengan main ke GJUI hari ketiga, yang mana penuh banget sama orang. Friz baru dateng dari Bekasi dan kita ketemu jam 1-an di halte bis kuning Pocin. Jalanan macet parah dan itu antrian orang bener2 panjang, ada yang udah nunggu dua-tiga jam belum bisa masuk juga (dalem hati ngerasa seneng karena acara kouhai sukses jaya).
Sebentar keliling di tempat acara, kita kemudian nyari musola buat solat zuhur. Musola yang ada di tempat acara itu adanya di backstage dan itu buat panitia, jadi pengunjung harus ke fakultas2 terdekat buat solat. Sebagai mantan panitia GJ kita ngerti kondisinya dan langsung cus nyari musola ke fakultas paling deket, FKM.
Sampe di situ sayangnya ternyata tangga ke musola FKM tutup, dikunci gitu. Berarti kita harus jalan lagi ke fakultas lain buat solat. Tapi waktu itu udah jam 14.17, rasanya gimana gitu. Dan di situ sebenernya tempatnya cukup luas, kayak lobi kebuka.
Akhirnya aku cetus aja, "Solat di sini aja, yang penting ada ruang kan. Eh, tapi kalo Friz mau". Friz langsung nge-iyain aja, "Hoo kayak pas di Jepang ya".
Iya. Aku sama Friz pas belajar di Jepang setahun itu ngerasain rasanya jadi minoritas, yang kebutuhan buat ibadahnya belum sepenuhnya difasilitasin. Jadi harus mau solat di mana aja--bener2 di mana aja.
Aku pribadi pas di Fukui bareng temen2 kalo udah musti solat dan lagi di luar ya musti cari tempat sepi buat solat. Di parkiran mobil, di belakang eskalator mall, di booth telepon, di ruang loker stasiun, di space terbuka antara tangga.. Tapi alhamdulillah dari semua itu kita nggak pernah dapet masalah.
Pastinya diliatin itu pernah, sering malah. Difoto sama nenek2 juga pernah. Kadang kalo orangnya penasaran kita ditanya tadi abis ngapain, dan kita jelasin singkat terus dianya ngangguk2.. Tapi nggak pernah sekalipun kita diganggu. Di Jepang selama kita nggak ganggu orang lain atau ngelanggar hukum, kita bebas mau ngapain aja.
Nah ini di negeri sendiri, orang pastinya lebih ngerti dong kebutuhan orang buat beribadah, santai aja. Pikirku gitu.
Jadilah itu Friz ambil wudhu di kamar mandi deket situ dan solat dengan seadanya; sejadahnya aja cuma pake jas ujanku yang nggak senyaman sejadah masjid. Tapi biar gitu aja juga udah oke, kiblat bisa dicek pake aplikasi android. Ruang luas. Mukena bawa. Nggak ada yang ngalangin buat solat.
Friz solat di pojokan, sementara aku jagain barang2 kita, duduk di pilar jarak 2 meteran dari situ. Eh nggak lama Friz mulai solat, dari kejauhan kedengeran orang ketawa. "Hahahahaha eh orang solat di situ masa," katanya, teriak. Spontan aku nyari asal suara. Ada cowok di tengah2 lagi jalan ngejauh tapi muka sama badannya mengadap ke kita. Kayaknya dia lagi ketawa2 sama temen2nya. "Iya, tuh cewek," teriak dia lagi.
Bayangin. Berusaha buat nutupin ngetawain siapa aja nggak. Aku speechless, sulit percaya gitu.
Ya kesel dong aku temen lagi solat--nggak yang aneh2--diejek gitu.
Apa kita ngeganggu mereka? Nggak.
Apa kita berisik? Aku aja ga kedengeran bacaan Friz.
What's their problem??
Ironis banget.
Kita solat di tempat umum di negeri orang ngerasa aman2 aja, tapi di negeri sendiri yang notabenenya (harusnya) lebih paham agama malah baru pertama kali diketawain, cuma gara2 solat bukan di musola.
I didn't know praying was a crime.
Emang ada ayat di Al-Qur'an yang bilang kalo "solat kalo nggak di masjid/musola itu dosa"? Yang salah tuh kalo bisa banget solat tapi nggak ngejalanin.
Sedih kalo orang di negara sendiri masih kayak gini. Kelakuannya primitif, nggak kenal caranya ngehargain orang lain.
Pun kalo ada orang yang beragama lain dan perlu banget ngelaksanain ibadahnya saat itu juga di tempat umum, aku juga bakal ngerti. Itu namanya toleransi. Gausahlah ke orang yang lagi solat.. Ngetawain siapapun dengan cara kayak gitu tuh sama sekali nggak pantes.
Kalo sekadar hal kayak gini aja nggak bisa dipraktekkin, apalah itu artinya pelajaran PPKN yang diajarin dari kelas satu SD?
Buat mas2 yang kemaren ngetawain temen saya, I have no problem with people expressing their opinion. I respect your freedom of speech as long as it does NOT disrespect anyone's existence.
Gitu aja sih.

Sumber 
Follow akun sosial media Foto Dakwah, klik disini

Klik disini untuk sedekah dakwah, untuk membantu dakwah kami

Share Artikel Ini

Related Posts

Comments
0 Comments