Search

Cara menjaga dan menjauhkan diri dari pacaran

Baca Juga :



Bagaimana cara menjaga diri dari pacaran ?
.
1. Menikah
"Ih, si kakak. Aku kan masih sekolah, masa udah disaranin buat nikah!"
Ini salah satu alasan yg dipakai para aktivis pacaran yg belum siap menikah. Atau, " Aku kan baru lulus sekolah, mau kuliah dulu." Ada lagi, "Aku baru lulus kuliah tau, mau ngerasain kerja dulu, punya duit sendiri". Dan, segudang alasan lain yg sering kita dengar atau trlintas dalam pikiran kita.
Apapun alasan yg kamu kemukakan, kalau memang belum siap menikah, untuk apa pacaran? .
.
2. Puasa
Kok puasa? Iya, krn puasa dapat lebih menahan diri kita dari hawa nafsu. Bahasa kerennya sebagai perisai iman. Puasa bukan hanya menahan diri dari nafsu makan dan minum tapi juga nafsu syahwat.
Dari Abdullah bin Mas'ud, beliau berkata, "Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam berkata kpd kami, "Wahai para pemuda, siapa yg sudah mampu menafkahi biaya rumah tangga, hendaknya dia menikah. Krn hal itu lebih menundukkan pandangannya dan menjaga kemaluannya. Siapa yg tidak mampu, hendaknya dia berpuasa, krn puasa adalah penjaga baginya." (Muttafaqun 'alaih)
.
3. Perbanyak Ibadah
Mendekatkan diri kepada Allah dengan banyak membaca Al-Qur'an dan merenungkan artinya, banyak berzikir, membaca shalawat, shalat berjamaah di masjid, menghadiri pengajian", dan berteman dengan org-org saleh yg akan selalu mengingatkan kita kepada jalan yg lurus. Jangan sombong dan malah menjauh dri Allah, sebab Allah-lah sebaik" penjaga hati kita.
.
4. Fokus dengan kegiatan positif
Libatkan diri kita dalam aksi kebaikan, jangan sungkan untuk membantu sesama. Jangan diam saja dan malah bermalas"an di rumah. Hal itu akan menggiring hati kita mnjadi galau dan rentan untuk trgoda dengan aktivitas pacaran.
.
5. Carilah lingkungan yg mendukung untuk tidak pacaran
Jika tidak ada lingkungan yg mndukung, ciptakanlah sendiri. Ajaklah beberapa temanmu yg memiliki kesamaan prinsip untuk tidak pacaran sebelum halal. Rancanglah kegiatan rutin yg kreatif dan fun yg mengarah pda kebaikan diri maupun lingkungan.
.
6. Kerjakan tugas dengan baik
Ingatlah tugas berbakti pda orgtua dan tugas menuntut ilmu di sekolah atau kampus.
.
Memiliki pacar bisa menghambat tugas" mulia itu krn perhatian tersita hanya pada sang kekasih hati.
.
7. Hindari bergaul dengan mereka yg masih bermaksiat
Jgn terlalu sering brhubungan dgn para pelaku pacaran, khususnya mereka yg msih mnjadi korban ftv, sinetron, dan efek samping tayangan tv lain. Penyakit hati bisa menular melalui interaksi, ditambah kadar iman yg kerap naik-turun. Menghindari bukan brarti tidak bergaul dgn mereka sama skali. Tetaplah bergaul dan bertegur sapa, tapi usahakan untuk tidak terlalu sering. Ingat, awal-awal masa peralihan masih sangat rentan terinfeksi virus merah jambu ini.^^


By : @aisyahn_n
Follow akun sosial media Foto Dakwah, klik disini

Klik disini untuk sedekah dakwah, untuk membantu dakwah kami

Share Artikel Ini

Related Posts

There is no other posts in this category.

Comments
0 Comments