Search

Bahayanya iman tanpa ilmu

Baca Juga :


#Empat kewajiban#
.
Brothers & Sisters, udah pada tau belum kalo di ada 1 surat di Al Quran yang maknanya luas melebihi jumlah ayatnya, yaitu surah al`Ashr. 
Di dalam surat al 'Ashr, Allah menyebutkan bahwa semua manusia pada dasarnya merugi kecuali yang punya empat perkara:
.
1. Iman.
2. Amal shalih.
3. Saling berwasiat ttg kebenaran.
4. Saling berwasiat ttg kesabaran.
.
Ini menunjukkan empat kewajiban yang harus dilaksanakan oleh setiap muslim. So let us discuss it one by one:
.
1. Iman.
Iman di sini artinya keyakinan hati tentang Allah subhanahu wa ta'ala, malaikat-malaikat-Nya, dan semua yang dikabarkan oleh Allah Ta'ala dalam Al-Quran dan Hadits yang shahih.
.
Iman gak akan lurus tanpa ilmu. Karena kita gak akan tau tentang siapa Allah Ta'ala dan hak-hak-Nya kecuali dengan ilmu dari Allah Ta'ala dan Rasul-Nya.
.
Coba kita flashback ke kaum musyrikin arab terdahulu; mereka beriman kepada Allah Ta'ala namun dengan tanpa ilmu. Mereka ngambil tandingan-tandingan selain Allah Ta'ala berupa berhala yang dinamakan Latta, Uzza, Manat, hubal dan menjadikannya sebagai perantara antara mereka dengan Allah Ta'ala.
.
Allah Ta'ala berfirman:
.
وَلَئِنْ سَأَلْتَهُمْ مَنْ خَلَقَ السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضَ لَيَقُولُنَّ اللَّهُ قُلِ الْحَمْدُ لِلَّهِ بَلْ أَكْثَرُهُمْ لَا يَعْلَمُونَ (25)
.
Dan sesungguhnya jika kamu tanyakan kepada mereka: `Siapakah yang menciptakan langit dan bumi?` Tentu mereka akan menjawab: `Allah.` Katakanlah: Segala puji bagi Allah; tetapi kebanyakan mereka tidak mengetahui.
(QS. 31:25)
.
Lihatlah, mereka beriman bahwa Allah Ta'ala yang menciptakan langit dan bumi. Namun mereka mengambil tandingan selain Allah.
Anehnya, mereka mengambil latta, uzza dan lainnya bukan untuk disembah. Namun agar lebih mendekatkan diri mereka kepada Allah.
.
Allah berfirman:
.
وَالَّذِينَ اتَّخَذُوا مِنْ دُونِهِ أَوْلِيَاءَ مَا نَعْبُدُهُمْ إِلا لِيُقَرِّبُونَا إِلَى اللَّهِ زُلْفَى رٌ
.
Dan orang-orang yang mengambil pelindung selain Allah (berkata): "Kami tidak menyembah mereka melainkan supaya mereka mendekatkan kami kepada Allah dengan sedekat- dekatnya." (Qs 39 Az-Zumar: 3)

Al 'allamah Abdurrahman bin Nashir As Sa'diy berkata dalam kitab tafsirnya: “Kami tidak menyembah mereka melainkan supaya mereka mendekatkan kami kepada Allah dengan sedekat-dekatnya.” Maksudnya, agar mereka (berhala-berhala tsb) mengajukan segala kebutuhan kami kepada Allah dan menjadi pemberi syafa’at bagi kami di sisi-Nya, kalau bukan demikian, maka sesungguhnya kami mengetahui bahwasannya berhala-berhala itu tidak bisa menciptakan sesuatu, tidak memberi rizki dan tidak memiliki sesuatu apapun.
.
Itulah bahayanya kalo beriman tanpa ilmu, iman mereka dicampuri dengan kesyirikan.

.
 Ust Badrusalam (edited) 


sumber The rabbaanians
Follow akun sosial media Foto Dakwah, klik disini

Klik disini untuk sedekah dakwah, untuk membantu dakwah kami

Share Artikel Ini

Related Posts

Comments
0 Comments