Search

Islam tidak mengajarkan terorisme

Baca Juga :



ISLAM TIDAK MENGAJARKAN TERORISME

Ingatlah bahwa Islam tidak mengajarkan terorisme. Dalam hukum Islam, siapa saja yang melakukan teror dan menakut-nakuti orang lain, ia akan dikenakan hukuman yang berat. Mereka inilah yang disebut dengan orang berbuat kerusakan di muka bumi. 

Islam pun melarang membunuh orang lain, bahkan jika satu nyawa dibunuh tanpa alasan yang benar, berarti ia telah membunuh manusia seluruhnya. Allah Ta’ala berfirman,

“Barangsiapa yang membunuh seorang manusia, bukan karena orang itu (membunuh) orang lain, atau bukan karena membuat kerusakan dimuka bumi, maka seakan-akan dia telah membunuh manusia seluruhnya” (QS. Al Maidah: 32).

Ayat di atas menunjukkan bahwa meneror atau tindakan terorisme terlarang dalam Islam. Bahkan jangankan meneror… Menakut-nakuti orang lain walau bercanda atau sekedar lelucon saja dilarang dalam Islam. Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

“Tidak boleh seorang dari kalian mengambil barang saudaranya, baik bercanda maupun serius.” (HR. Abu Daud dan Tirmidzi).

Meneror atau menakut-nakuti orang lain itu termasuk berbuat dosa. Pernah di antara sahabat Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam berjalan bersama beliau, lalu ada seseorang di antara mereka yang tertidur dan sebagian mereka menuju tali yang dimiliki orang tersebut dan mengambilnya. Lalu orang yang punya tali tersebut khawatir (takut). Lantas Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,
“Tidak halal bagi seorang muslim menakut-nakuti muslim yang lain.” (HR. Abu Daud dan Ahmad. Al Hafizh Abu Thohir mengatakan bahwa hadits ini hasan).

Adapun jika ada orang beragama Islam yang berbuat anarkis didasari oleh niat yang buruk, maka perbuatan mereka tidak bisa disandarkan pada ajaran Islam, mereka adalah oknum yang tidak memahami akan ilmu Islam, karena sesungguhnya Islam melarang tindakan-tindakan anarkis seperti itu.

🌐 Rumaysho.Com


Alhikmah
Follow akun sosial media Foto Dakwah, klik disini

Klik disini untuk sedekah dakwah, untuk membantu dakwah kami

Share Artikel Ini

Related Posts

Comments
0 Comments