Search

Melanggar wilayah udara, F-16 Turki tembak jatuh pesawat buatan Rusia

Baca Juga :



Beralasan langgar wilayah udara, F-16 Turki tembak jatuh jet buatan Rusia

Militer Turki telah menembak jatuh sebuah pesawat tempur buatan Rusia, yaitu pesawat serang darat Sukhoi 24. Sebuah pesawat jet disergap F-16 di dekat perbatasan Suriah-Turki karena telah melanggar wilayah udara Turki pada Selasa ini (24/11). 

Pesawat Sukhoi ini kemudian jatuh di sekitar Jabal Turkman, Latakia, tak jauh dari perbatasan. Menurut keterangan, 2 orang pilot berhasil terlempar keluar dan kemudian menggunakan parasut.

Militer Turki mengaku tidak mengetahui pasti siapa negara pemilik pesawat tersebut. Namun tipe Su-24 adalah jelas buatan Rusia/Uni Soviet. Yang selain Rusia, rezim Suriah juga menjadi salah satu penggunanya.

Turki telah memberi peringatan berkali-kali dalam 5 menit pada Su-24 bahwa mereka telah melakukan pelanggaran wilayah udara namun tidak direspon, sebelum akhirnya patroli F-16 menembak jatuh pesawat itu.

Sementara dalam rilisan berita Al-Jazeera, pihak Rusia disebut "tengah menyelidiki jatuhnya pesawat ini". Mereka mengklaim bahwa dari data pemantauan pesawat terbang di wilayah udara Suriah.

Peristiwa ini terjadi tak lama setelah protes Turki pada Rusia karena sikap provokatif pesawat Rusia, termasuk mengebom daerah warga sipil/pengungsi di dekat perbatasan.

Perdana Menteri Turki, Ahmet Davutoglu, telah memerintahkan menteri luar negeri berkonsultasi pada NATO dan pihak terkait mengenai perkembangan situasi di perbatasan Suriah ini. (Al-Jazeera/CNN/rslh)
Follow akun sosial media Foto Dakwah, klik disini

Klik disini untuk sedekah dakwah, untuk membantu dakwah kami

Share Artikel Ini

Related Posts

Comments
0 Comments