Search

Rihlah

Baca Juga :




@mimbardigital
..
“karena kebiasaan orang-orang Quraisy, yaitu kebiasaan mereka bepergian pada musim dingin dan musim panas”
[QS Al Quraisy : 1-2]
...
kutipan surat tersebut menjelaskan perjalan dagang yang dilakuakan suku Quraisy. Pada musim dingin, suku quraisy biasa melakuan perjalanan kenegeri Yaman. Pada musim panas, mereka pergi ke Syam (Suriah), jalur perdagangan musim dingin, yakni Mekkah – Taif – Asir – Sari’adalah (Yaman). Jalur musim panas terdiri dari 2 jalur yakni Mekkah – Madinah – Damaskus; Mekah – humain – Badar – ma’an (Syirqil Urdun).nabi Muhammad pada umur 12 tahun sudah ikut berdagang ke Syam. Hal itu menunjukan bagaimana kuatnya jiwa berdagang suku Quraisy. Suku Quraisy memperoleh rejeki dari Allah AWT. Guna mencukupi kebutuhan hidup.
...
Adalah penduduk mekah pada masa turunnya Al-qur’an terbiasa melakukan Rihlah dan safar pada saat berdagang. Kegemaran tersebut pun makin meningkat setelah meluasnya ajaran islam, dan dilakukan dengan tujuan yang bermacam-macam yaitu untuk social, keagamaan, dan untuk menyebarluaskan atau mengaplikasikan Al-Qur’an.
...
Jadi ternyata rihlah yang sesuai dengan syariat islam itu bukan hanya sekedat refreshing aja, tapi ada tujuan lain yang harus kita terapkan dalam Rihlah nah tujuannya apa yah tergantung niat. 
Follow akun sosial media Foto Dakwah, klik disini

Klik disini untuk sedekah dakwah, untuk membantu dakwah kami

Share Artikel Ini

Related Posts

Comments
0 Comments