Search

Beberapa adab makan dan minum dalam Islam

Baca Juga :


BEBERAPA ADAB MAKAN & MINUM

1. MEMILIH YANG HALAL DAN BAIK
“Hai orang-orang yang beriman, makanlah di antara rizki yang baik-baik yang Kami berikan kepadamu...” (QS. Al-Baqarah: 172)

2. DIANJURKAN DINIATKAN UNTUK MENCARI RIDHO ALLAH
"SESUNGGUHNYA amal itu tergantung dengan niatnya" (HR. Bukhari)

3. DUDUK, TIDAK BERSANDAR ATAU BERBARING
“Aku tidak pernah makan sambil bersandar, aku hanyalah seorang hamba, aku makan sebagaimana layaknya seorang hamba dan aku pun duduk sebagaimana layaknya seorang hamba” (HR. Bukhari)

4. MEMBACA BASMALAH SEBELUM MAKAN/MINUM
Apabila salah seorang diantara kalian hendak makan, maka ucapkanlah: ‘Bismilah.’ Dan jika ia lupa untuk mengucapkan Bismillah di awal makan, maka hendaklah ia mengucapkan ‘Bismillahi Awwalahu wa Aakhirahu' (Dengan menyebut nama Allah di awal dan diakhirnya)'” (HR. Abu Daud)

5. MAKAN/MINUM DENGAN TANGAN KANAN
Apabila salah seorang dari kalian makan, makanlah dengan tangan kanan dan minumlah dengan tangan kanan, karena sesungguhnya setan makan dan minum dengan tangan kirinya” (HR. Muslim)

6. DIANJURKAN MAKAN DENGAN 3 JARI
"Saya melihat Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam makan dengan tiga jarinya. Apabila beliau telah selesai makan, beliau menjilatinya” (HR. Muslim)

7. MENJILATI JARI DARI SISA MAKANAN
"Apabila salah seorang dari kalian selesai makan, maka janganlah ia mengusap jari-jarinya hingga ia membersihkannya dengan mulutnya (menjilatinya) atau menjilatkannya pada orang lain” (HR. Bukhari & Muslim)
*Maksudnya yaitu menjilatkan pada orang lain yang tidak merasa jijik dengannya, misalnya anaknya saat menyuapinya, atau suaminya.

8. MEMULAI DENGAN MAKANAN YANG ADA DI DEKAT KITA
“Wahai anak muda, sebutlah Nama Allah (bismillah), makanlah dengan tangan kananmu dan makanlah dari apa-apa yang dekat denganmu” (HR. Bukhari & Muslim)

9. TIDAK MENIUP MAKANAN/MINUMAN PANAS
"Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam melarang bernafas di dalam gelas atau meniup isi gelas" (HR. Ahmad & Tirmidzi)

10. DIANJURKAN MEMUJI & DILARANG MENCELA MAKANAN/MINUMAN
"Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam tidak pernah mencela makanan sama sekali. Apabila beliau menyukainya, maka beliau memakannya. Dan apabila beliau tidak suka terhadapnya, maka beliau meninggalkannya" (HR. Muslim)

11. TIDAK MUBADZIR, BERLEBIHAN & SOMBONG
"Seorang mukmin makan dengan satu lambung, sedangkan orang kafir makan dengan tujuh lambung” (HR. Bukhari & Muslim)

12. TIDAK MENGGUNAKAN WADAH DARI EMAS/PERAK
“Janganlah kalian minum dari bejana emas dan perak dan jangan pula kalian makan dari piring-piring emas dan perak” (HR. Bukhari & Muslim)

13. DIANJURKAN MAKAN BERSAMA-SAMA
“Berkumpullah kalian dalam menyantap makanan kalian (bersama-sama), (karena) di dalam makan bersama itu akan memberikan berkah kepada kalian” (HR. Abu Dawud, hasan)

14. MEMBACA HAMDALAH, DOA SETELAH MAKAN
"Sesungguhnya Allah meridhai seorang hamba yang makan makanan, lalu ia memuji-Ny ats makanan itu atau ia meminum minuman, lalu ia memuji-Nya atas minuman itu" (HR. Muslim)

DOA SETELAH MAKAN:
"Alhamdulillaahi hamdan katsiiran thayyiban mubaarakan fiihi ghaira makfiyyin walaa muwadda’in walaa mustaghnan ‘anhu rabbanaa.”(Segala puji bagi Allah dengan pujian yang banyak, yang baik, dan penuh berkah, tidak ada yang mencukupi dan tidak ada yang membalas, dan tidak ada yang dapat berlepas diri dari-Nya wahai Rabb kami) (HR. Bukhari)

Alhikmahjkt
Follow akun sosial media Foto Dakwah, klik disini

Klik disini untuk sedekah dakwah, untuk membantu dakwah kami

Share Artikel Ini

Related Posts

Comments
0 Comments