Search

Dosa besar : Minum Khamr Alkohol

Baca Juga :


MINUM KHAMR

Khamr adalah minuman yang dilaknat oleh Allah.
Oleh karena itu kita harus menghindari untuk berinteraksi dengannya (meminum, mengantarkan, menghidangkan, menjualnya, mempromosikan, membuatnya, dll). Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda:
"Allah telah melaknat khamr. Melaknat peminumnya, penuangnya, penjualnya, pembelinya, pemerasnya, yang meminta untuk diperaskan, pembawanya dan yang meminta untuk dibawakan kepadanya" (HR Abu Dawud & Ibnu Majah, Shahih)

APA KHAMR ITU?

Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda:
‘Setiap yang memabukkan adalah khamr, dan setiap khamr haram hukumnya.’” (Muttafaq ‘alaih)

"Setiap yang memabukkan hukumnya haram, dan apa yang banyaknya memabukkan, maka sedikitnya pun tetap haram.’” (HR. Ibnu Majah)

“Khamr adalah induk dari segala kejahatan, barangsiapa meminumnya, maka shalatnya tidak diterima selama 40 hari, apabila ia mati sementara ada khamr di dalam perutnya, maka ia mati sebagaimana matinya orang Jahiliyyah.” (HR. ath-Thabrani, hasan)

“Khamr adalah induk dari kekejian dan dosa yang paling be-sar, barangsiapa meminumnya, ia bisa berzina dengan ibunya, saudari ibunya, dan saudari ayahnya.” (HR. ath-Thabrani, hasan)

BERATNYA HADD PEMINUM KHAMR

Hadd itu ditetapkan dengan salah satu dari dua perkara; (1) pengakuan dan (2) kesaksian dua orang yang adil. Apabila seorang mukallaf berada dalam keadaan tidak terpaksa meminum khamr, sedangkan ia tahu bahwa yang diminum adalah khamr, maka ia didera 40 kali. Apabila diperlukan, hakim boleh menambahnya hingga 80 kali.

Apabila seseorang meminum khamr berulang kali, dan ia telah dicambuk setiap ia mengulanginya, maka boleh bagi imam untuk membunuhnya.

Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda:
‘Apabila ada seseorang yang mabuk, maka cambuklah ia, apabila ia mengulangi, maka cambuklah ia.’ Kemudian beliau bersabda pada kali keempat, ‘Apabila ia mengulanginya, maka penggallah lehernya.’” (HR. Ibnu Majah, hasan shahih)

Maka jangan sekali-kali menganggap anggap enteng dosa besar minum khamr.

🌐 almanhaj.or.id
 AlhikmahJKT
Follow akun sosial media Foto Dakwah, klik disini

Klik disini untuk sedekah dakwah, untuk membantu dakwah kami

Share Artikel Ini

Related Posts

Comments
0 Comments