Search

Stop Tajassus mencari kesalahan orang lain

Baca Juga :


STOP TAJASSUS

Teman - teman ada yang tahu arti 'Tajassus'? Tajassus ialah mencari-cari kesalahan-kesalahan atau kejelekan-kejelekan orang lain, yg biasanya merupakan efek dari prasangka yg buruk.

Allah Ta’ala berfirman. “Hai orang-orang yang beriman, jauhilah kebanyakan berprasangka, karena sesungguhnya sebagian tindakan berprasangka adalah dosa dan janganlah kamu mencari-cari kesalahan orang lain” [Al-Hujurat : 12]

Dalam ayat [Al-Hujurat : 12] terkandung perintah untuk menjauhi kebanyakan berprasangka, karena sebagian tindakan berprasangka ada yang merupakan perbuatan dosa. Dalam ayat ini juga terdapat larangan berbuat tajassus.

Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda. “Berhati-hatilah kalian dari tindakan berprasangka buruk, karena prasangka buruk adalah sedusta-dusta ucapan.
Janganlah kalian saling mencari berita kejelekan org lain, saling memata-matai, saling mendengki, saling membelakangi & saling membenci.
Jadilah kalian hamba-hamba Allah yang bersaudara” [Diriwayatkan oleh Al-Bukhari hadits no. 6064 dan Muslim hadits no. 2563]

Semoga manfa'at

Twitter @IslamDiaries

Sumber almanhaj.or.id
Follow akun sosial media Foto Dakwah, klik disini

Klik disini untuk sedekah dakwah, untuk membantu dakwah kami

Share Artikel Ini

Related Posts

Comments
0 Comments