Search

Fitrah bekal kebenaran 2 : Bertabiat lurus dan siap menerima kebenaran

Baca Juga :


FITRAH BEKAL KEBENARAN - PART 2

Al-Khathabi berkata: "Setiap anak dilahirkan menurut fitrahnya, yaitu bertabiat lurus dan berperilaku selalu siap menerima kebenaran. Jika ia dibiarkan begitu saja, niscaya fitrah itu akan tetap tumbuh. Karena, kebenaran agama ini didukung oleh akal. Dan dalam hal ini, banyak orang yang melenceng, dikarenakan terpengaruh oleh buruknya taqlid dan rusaknya lingkungan. Sekiranya dia selamat dari taqlid dan lingkungan yang buruk, niscaya dia tidak memiliki keyakinan melainkan keyakinan Islam."
(Ma'aalimut Tanzil, Imam Al-Baghawi, tahqiq; M.Abdullah an-Namir, cet IV, 1417, Dar Thaybah, Riyadh)

Dari Abu Hurairah radhiyallahu'anhu, dia berkata: Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda, "Setiap anak itu dilahirkan dalam keadaan fitrah. Kedua orang tuanyalah yang menjadikannya Yahudi, Nashrani, atau Majusi. Bagaikan binatang yang melahirkan binatang lainnya, apakah engkau melihat ada yang cacat telinganya pada binatang yang dilahirkan itu?" (HR.Al-Bukhari)

Ibnu Hajar rahimahullah berkata: "Berdasarkan pendapat yang terkenal bahwa yang dimaksud dengan fitrah di dalam hadits ini adalah Islam."

Ibnu Abdil Barr rahimahullah berkata: "Makna Islam inilah yang dikenal di kalangan orang yang terdahulu. Dan ulama tafsir telah sepakat bahwa yang dimaksud fitrah Allah adalah Islam." (Fat-hul Bari III/248)

Fitrah inilah yang dimaksud oleh Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam sebagai keinginan untuk menganut ajaran yang hanif. Lurus, tidak ada penyelewengan, bersih dengan tauhid dan tidak dikotori oleh debu syirik.

Ust. Armen Halim Naro rahimahullah (dengan sedikit perubahan)

Sumber/referensi: Untukmu Yang Berjiwa Hanif hal. 31-32
 Alhikmahjkt
Follow akun sosial media Foto Dakwah, klik disini

Klik disini untuk sedekah dakwah, untuk membantu dakwah kami

Share Artikel Ini

Related Posts

Comments
0 Comments