Search

Dosa besar : Membiarkan perbuatan keji Istrinya (Dayyuts)

Baca Juga :



MEMBIARKAN PERBUATAN KEJI ISTRINYA (KELUARGANYA)

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,
“Ada tiga golongan manusia yang tidak akan dilihat oleh Allah (dengan pandangan kasih sayang) pada hari kiamat nanti, yaitu: orang yang durhaka kepada kedua orang tuanya, perempuan yang menyerupai laki-laki, dan ad-dayyuts…” (HR. An-Nasa-i & Ahmad)

Adapun maksud ad dayyuts sebagaimana disebutkan dalam Al Mu’jam Al Wasith adalah para lelaki yang menjadi pemimpin untuk keluarganya dan ia tidak punya rasa cemburu dan tidak punya rasa malu. Suami itu membiarkan istrinya ataupun keluarganya bermaksiat tanpa mau mengingatkan.

Perbuatan ini termasuk dosa besar yang sangat dimurkai oleh Allah Ta’ala. Sangat wajar perbuatan ini mendapat ancaman keras, jika kita mengamati dampak buruk yang ditimbulkannya. Di samping akan berakibat merusak agama seseorang (menghilangkan atau minimal melemahkan sifat ghirah, kecemburuan karena kebaikan dalam agama), juga akan merusak agama dan akhlak anggota kelurganya (istri dan anak-anaknya), dengan membiarkan atau menuruti keinginan mereka dalam hal-hal yang bertentangan dengan syariat, ini berarti menjerumuskan mereka ke dalam jurang kehancuran.

Karena pentingnya hal ini, Allah Ta’ala mengingatkan secara khusus kewajiban para kepala keluarga ini dalam firman-Nya,

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا قُوا أَنْفُسَكُمْ وَأَهْلِيكُمْ نَاراً وَقُودُهَا النَّاسُ وَالْحِجَارَةُ
“Hai orang-orang yang beriman, peliharalah dirimu dan keluargamu dari api neraka yang bahan bakarnya adalah manusia dan batu.” (QS At-Tahriim: 6)

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,
“Ketahuilah, kalian semua adalah pemimpin dan kalian semua akan dimintai pertanggungjawaban tentang apa yang dipimpinnya. Seorang suami adalah pemimpin (keluarganya) dan dia akan dimintai pertanggungjawaban tentang (perbuatan) mereka.” (HR. Bukhari & Muslim)

Ya Rabb kami, anugerahkanlah kepada kami isteri-isteri dan keturunan kami sebagai penyejuk (pandangan) mata (kami), dan jadikanlah kami pemimpin bagi orang-orang yang bertakwa

🌐 muslim.or.id, rumaysho.com


AlhikmahJKT
Follow akun sosial media Foto Dakwah, klik disini

Klik disini untuk sedekah dakwah, untuk membantu dakwah kami

Share Artikel Ini

Related Posts

Comments
0 Comments