Search

Dosa besar : mengganggu dan mencaci kaum muslimin

Baca Juga :


MENGGANGGU & MENCACI KAUM MUSLIMIN
.
Di antara bentuk gangguan terhadap kaum muslimin: tajassus (mencari-cari kesalahan saudaranya), merendahkan, mengejek, ghibah (menceritakan aib saudaranya), mengumpat, memaki, menyakiti tetangga, dan memfitnah.
.
Allah Ta’ala berfirman (yang artinya),
“… dan janganlah kalian mencari-cari keburukan dan janganlah menggunjingkan satu sama lain” (QS. Al-Hujurat: 12)
.
"Kecelakaanlah bagi setiap pengumpat lagi pencela" (QS. Al-Humazah: 1)
.
“Hai orang-orang yang beriman, janganlah sekumpulan orang laki-laki merendahkan kumpulan yang lain, boleh jadi yang ditertawakan itu lebih baik dari mereka. Dan jangan pula sekumpulan perempuan merendahkan kumpulan lainnya, boleh jadi yang direndahkan itu lebih baik.” (QS. Al-Hujurat: 11)
.
Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,
"Setiap Muslim terhadap Muslim yang lainnya diharamkan kehormatan, harta, dan darahnya. Takwa itu di sini (di dada), dan cukuplah sebagai keburukan bagi seseorang, dengan cara dia merendahkan saudaranya sesama Muslim." (HR. Tirmidzi)
.
“Tahukah engkau apa itu ghibah?” Mereka menjawab, “Allah dan Rasul-Nya yang lebih tahu.” Ia berkata, “Engkau menyebutkan kejelekan saudaramu yang ia tidak suka untuk didengarkan orang lain.” Beliau ditanya, “Bagaimana jika yang disebutkan sesuai kenyataan?” Jawab Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam, “Jika sesuai kenyataan berarti engkau telah mengghibahnya. Jika tidak sesuai, berarti engkau telah memfitnahnya.” (HR. Muslim)
.
"Sesungguhnya Allah murka kepada orang yang berbuat keji dan gemar berkata kotor." (HR. Tirmidzi)
.
"Tidak akan masuk surga, orang yang mana tetangganya tidak merasa aman dari keburukannya." (HR. Muslim)
.
"Sebutlah kebaikan-kebaikan orang yang telah meninggal dunia dari kalian, dan tahanlah (dari membicarakan) kejelekan-kejelekan mereka." (HR. Al-Hakim)
.
"Tidaklah seseorang menuding seseorang lainnya dengan kefasikan dan kekufuran, melainkan pasti tuduhan kembali pada dirinya jika orang tersebut tidak demikian adanya." (HR. Bukhari)
.
Semoga kita dijauhkan dari sifat-sifat buruk ini.
.
.
🌐 kitab al-kabair wa tabyin al-maharim, radiorodja.com
Alhikmahjkt
Follow akun sosial media Foto Dakwah, klik disini

Klik disini untuk sedekah dakwah, untuk membantu dakwah kami

Share Artikel Ini

Related Posts

Comments
0 Comments