Search

Daftar adab bertetangga dalam Islam

Baca Juga :


ADAB BERTETANGGA

1. MENGHORMATI & MEMULIAKAN TETANGGA
“Barangsiapa yang beriman kepada Allah dan hari Akhir, maka hendaklah ia memuliakan tetangganya” (Muttafaq ‘alaih)

2. BERBUAT BAIK PADA TETANGGA
“Jibril selalu berpesan kepadaku untuk berbuat baik kepada tetangga, sampai aku mengira, tetangga akan ditetapkan menjadi ahli warisnya.” (HR. Bukhari dan Muslim)

3. DILARANG KERAS MENGGANGGU TETANGGA
“Tidak akan masuk surga, orang yang tetangganya tidak merasa aman dari gangguannya.” (HR. Bukhari dan Muslim)

4. DILARANG MENGGANGGU TETANGGA WALAU HANYA SEDIKIT
“Tidak ada istilah sedikit dalam mengganggu tetangga.” (HR. Ibn Abi Syaibah dengan sanad shahih namun mursal. Dan dalam riwayat thabrani secara mausul dari Umu Salamah. Syaikh Ali al-Halabi mengatakan, “Hadis ini Hasan”)

5 MENGGANGGU TETANGGA LEBIH BERAT DOSANYA
"Sungguh, jika seorang laki-laki berzina dengan sepuluh wanita itu masih lebih baik baginya daripada ia berzina dengan istri tetangganya, dan sungguh jika seorang laki-laki mencuri dari sepuluh rumah itu lebih ringan (dosanya) daripada ia mencuri dari rumah salah seorang tetangganya. (HR. Ahmad)

6. BERSABAR TERHADAP GANGGUAN TETANGGA
“Tiga orang yang Allah cintai…., orang yang memiliki tetangga, dan tetangganya suka menyakitinya. Diapun bersabar terhadap gangguannya sampai dipisahkan dengan kematian atau safar.” (HR. Ahmad, shahih oleh Syuaib al-Arnauth)

7. BERBAGI MAKANAN/HADIAH KEPADA TETANGGA
“Apabila kamu memasak, perbanyaklah kuahnya. Kemudian perhatian penghuni rumah tetanggamu, dan berikan sebagian masakan itu kepada mereka dengan baik.” (HR. Muslim)

8. PRIORITASKAN PERHATIAN PADA TETANGGA TERDEKAT
‘Aisyah radhiyallahu ‘anha, ia berkata, “Aku bertanya, ‘Wahai Rasulullah, aku memiliki dua tetangga, manakah yang aku beri hadiah?’ Nabi menjawab, ‘Yang pintunya paling dekat dengan rumahmu’” (HR. Bukhari, Ahmad, dan Abu Dawud)

9. MEMBANTU TETANGGA SAAT DITIMPA KESULITAN
“Bukanlah mukmin sejati, orang yang kenyang, sementara tetangga di sampingnya kelaparan.” (HR. Abu Ya’la, dinilai hasan oleh Husain Salim Asad)

10. DILARANG MEREMEHKAN PEMBERIAN TETANGGA
“Wahai para wanita muslimah, janganlah satu tetangga meremehkan pemberian tetangga yang lainnya, meskipun hanya kikil yang tak berdaging.” (HR. Bukhari dan Muslim)

🌐 almanhaj.or.id, muslimah.or.id,konsultasisyariah.com

AlhikmahJKT
Follow akun sosial media Foto Dakwah, klik disini

Klik disini untuk sedekah dakwah, untuk membantu dakwah kami

Share Artikel Ini

Related Posts

Comments
0 Comments