Search

Dosa besar : putus asa dari Rahmat Allah

Baca Juga :


PUTUS ASA DARI RAHMAT ALLAH

ALLAH Subhanahu Wata'ala berfirman
"(Mereka menjawab): 'Kami Menyampaikan kabar gembira kepadamu dengan benar, maka janganlah engkau termasuk orang yang berputus asa .' Dia (Ibrahim) berkata: 'Tidak ada yang berputus asa dari Rahmat Rabbnya, kecuali orang yang sesat'."
(QS. Al-Hijr: 55-56)

"… Dan jangan kamu berputus asa dari rahmat Allah. Sesungguhnya yang berputus asa dari rahmat Allah, hanyalah orang-orang kafir"
(QS. Yusuf: 87)

Dari Abudullah bin Abbas Radhiyallaahu Anhu, bahwa ada seorang lelaki yang berkata: "Wahai Rasulullah, apa itu dosa besar? Rasulullah menjawab:
"Syirik kepada Allah, peisimis terhadap karunia Allah dan berputus asa dari Rahmat Allah"
(HR. Al-Bazzar. Hadits Hasan)

Rahmah (kasih sayang), merupakan salah satu dari sifat Allah berdasarkan ketetapan al-Quran dan as-Sunnah, sifat kasih sayang yang layak bagi Allah sebagaimana sifat-sifat Allah. Pengaruh sifat ini dapat terlihat jelas di alam semesta., khususnya pada makhluk hidup. Nikmat dan Karunia-Nya merupakan bukti keberadaan Allah yang MahaSempurna dan Mahaluas.

Rahmat Allah meliputi segala sesuatu dan menaungi semua makhluk. Tidak ada satupun di alam semesta ini kecuali mendapat siraman rahmat Allah Subhanahu Wata'ala.

Allah Subhanahu Wata'ala berfirman tentang para malaikat pengangkat Arsy dan malaikat-malaikat yang berada disekelilingnya:
"… Ya Rabb kami, rahmat dan ilmu-Mu meliputi segala sesuatu, maka berilah ampunan kepada orang-orang yang bertaubat dan mengikuti jalan-Mu dan peliharalah mereka dari siksaan Neraka yang menyala-nyala" (QS. Al-Mukmin: 7)

"..Dan Rahmat-Ku meliputi segala sesuatu. Maka akan Aku tetapkan rahmat-Ku bagi orang-orang yang bertaqwa, yang menunaikan zakat dan orang-orang yang beriman kepada ayat-ayat kami" (QS. Al-A'raaf: 156)

Oleh sebab itu, pintu rahmat Allah terbuka bagi mereka yang bertaubat dari orang-orang yang telah menganiaya diri mereka sendiri.

Allah Subhanahu Wata'ala berfirman
"Katakanlah "wahai hamba-hamba-Ku yang melampaui batas terhadap diri mereka sendiri! Janganlah kamu berputus asa dari rahmat Allah. Sesungguhnya Allah mengampuni dosa-dosa semuanya. Sungguh Dialah yang maha pengampun, maha penyayang"
(QS. Az-Zumar: 53)

🌐 assunnah.heck.in

Alhikmahjkt
Follow akun sosial media Foto Dakwah, klik disini

Klik disini untuk sedekah dakwah, untuk membantu dakwah kami

Share Artikel Ini

Related Posts

Comments
0 Comments