Search

Sholat kok pas Ramadhan saja

Baca Juga :


SHOLAT KOK PAS RAMADHAN SAJA

Pertanyaan:

Apabila seseorang hanya semangat melaksanakan puasa dan sholat dibulan ramadhan saja, namun dia meninggalkan sholat bersamaan dengan berakhirnya bulan romadhon, apakah dia berhak atas puasanya.? Komisi fatwa menjawab:

Sholat adalah salah satu rukun dari rukun-rukun Islam, dia adalah rukun Islam yang terpenting setelah dua syahadat, hukumnya fardhu ‘ain, siapa saja yang meninggalkannya karena menolak kewajibannya atau karena menganggapnya sepele dan malas maka sungguh dia telah kafir. Adapun orang-orang yang berpuasa pada bulan ramadhan dan hanya shalat di bulan ramadhan saja maka ini adalah pengelabuan terhadap Allah, alangkah buruknya sebuah kaum yang tidak mengenal Allah kecuali di bulan ramadhan saja. Puasa mereka tidak sah karena mereka meninggalkan sholat pada selain bulan ramadhan, bahkan mereka kafir dengan kufur akbar walaupun mereka tidak menolak kewajiban sholat, ini menurut pendapat yang paling kuat diantara dua pendapat para ulama.

Catt:

Rasulullah shallallahu alaihi wasallam bersabda : “Batas yang memisahkan antara seseorang dengan syirik atau kekafiran adalah meninggalkan shalat.”(HR. Muslim)

Juga sabda beliau, “Perjanjian antara kita dengan mereka (orang-orang kafir. pent) adalah mengerjakan shalat. Barangsiapa yang meninggalkannya, sungguh ia telah kafir.” (HR. Ahmad)

Saudaraku.. Ingatlah…. Rabb yang kita sembah di bulan ramadhan Dialah Rabb yang memelihara kita diluar ramadhan.

Jadilah hamba rabbani..
Hamba yang mengenal Allah sepanjang waktu. Bukan hamba ramadhani, yang hanya mengenal Allah di bulan ramadhan saja.

Baarakallahu fiikum.

Ust ACT El-Gharantaly, حفظه الله


Islamdiaries
Follow akun sosial media Foto Dakwah, klik disini

Klik disini untuk sedekah dakwah, untuk membantu dakwah kami

Share Artikel Ini

Related Posts

Comments
0 Comments