Search

Sudahkah engkau sholeh wahai orang tua

Baca Juga :


SUDAHKAH ENGKAU SHOLEH WAHAI ORANGTUA?

Tahukah kita? 
Keshalihan itu bisa diturunkan... Karena keshalihan bapak-ibu atau kakek-nenek, maka Allah akan menjaga anak keturunan mereka dan menjadikan anak dan cucu mereka kelak juga menjadi orang yang shalih... Dalam munajat mereka terselip untaian doa :

وَأَصْلِحْ لِي فِي ذُرِّيَّتِي "Dan berikanlah keshalihan kepadaku (dengan juga memberikan keshalihan itu) kepada anak cucuku" (QS. Al-Ahqaf [46]: 15)

رَبِّ اجْعَلْنِي مُقِيمَ الصَّلَاةِ وَمِنْ ذُرِّيَّتِي ۚ رَبَّنَا وَتَقَبَّلْ دُعَاءِ "Wahai Tuhanku, jadikanlah aku dan anak cucuku termasuk orang yang tetap mendirikan shalat, wahai Rabb kami, perkenankanlah doaku" (QS. Ibrahim [14]: 40)

Sekarang coba renungkan tentang diri kita, baik sebagai ayah atau pun ibu…apakah sudah termasuk orang-orang shalih…? Banyak beribadah…? Bisa jadi sebabnya adalah orang tua itu sendiri yang tidak shalih, durhaka kepada orang tuanya serta memakan atau menggunakan harta haram, sehingga dampaknya kepada anak-anaknya... Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda : "Sesungguhnya seseorang benar-benar terhalang dari rezeki (mendapatkan anak yang shalih) dengan sebab dosa yang dilakukannya" (HR. Ibnu Majah no. 90 dan 4022, Ahmad V/277, ath-Thabrani dalam ad-Du'aa no.31 dan al-Hakim I/493, hadits dari Tsauban, lihat Shahih Sunan Ibnu Majah no.73)

Anak yang tumbuh dari makanan yang haram kelak menjadi orang yang tidak peduli akan rambu-rambu halal dan haram dalam agamanya. 
Lalu bagaimana mungkin orang tua akan mendapatkan anak yang shalih ?

Wahai saudaraku... Inginkah anakmu menjadi shalih dan shalihah ?

Taat kepada Allah dan Rasul-Nya, serta berbakti kepada kedua orang tuanya ?

Dan jika engkau menginginkannya... Lalu sudahkah engkau shalih sebagai orang tua ?

Allah Ta'ala berfirman :

فَاعْبُدُوا مَا شِئْتُمْ مِنْ دُونِهِ ۗ قُلْ إِنَّ الْخَاسِرِينَ الَّذِينَ خَسِرُوا أَنْفُسَهُمْ وَأَهْلِيهِمْ يَوْمَ الْقِيَامَةِ ۗ أَلَا ذَٰلِكَ هُوَ الْخُسْرَانُ الْمُبِينُ "...Sesungguhnya orang-orang yang merugi ialah orang-orang yang merugikan diri mereka sendiri dan keluarganya pada hari kiamat..." (QS. Az-Zumar [39]: 15)

Penulis:
Ust. Najmi Umar Bakkar

ISlamdiaries
Follow akun sosial media Foto Dakwah, klik disini

Klik disini untuk sedekah dakwah, untuk membantu dakwah kami

Share Artikel Ini

Related Posts

Comments
0 Comments