Search

Dosa besar : pemimpin yang zhalim

Baca Juga :



PEMIMPIN YANG ZHALIM

Allah ta’ala telah berfirman :
“Sesungguhnya dosa itu atas orang-orang yang berbuat dhalim kepada manusia dan melampaui batas di muka bumi tanpa hak. Mereka itu mendapat ‘adzab yang pedih” [QS. Asy-Syuuraa : 42].

Nabi shallallaahu ‘alaihi wa sallam telah bersabda :
”Setiap orang di antara kalian adalah pemimpin, dan setiap orang di antara kamu akan dimintai pertanggungan jawab atas apa yang dipimpinnya…” (HR. Bukhari, Muslim, Abu Dawud, Tirmidzi, Ahmad, Ibnu HIbban)

”Pemimpin mana saja yang menipu rakyatnya, maka tempatnya di neraka” (HR. Ahmad)

”Barangsiapa yang diangkat oleh Allah untuk memimpin rakyatnya, kemudian ia tidak mencurahkan kesetiaannya, maka Allah haramkan baginya surga” (HR. Bukhari & Muslim)

”Akan ada nanti para pemimpin yang fasiq lagi jahat. Barangsiapa yang membenarkan kedustaan mereka dan menolong kedhalimannya (atas rakyatnya), maka ia bukan termasuk golonganku dan aku bukan termasuk golongannya. Ia tidak akan sampai pada Al-Haudl (telaga)” (HR. Tirmidzi, An-Nasa'iy, Ahmad)

“Barangsiapa yang melakukan perbuatan jahat atau melindungi pelaku kejahatan, maka baginya laknat dari Allah, para malaikat, dan seluruh manusia. Tidak diterima darinya amal wajib maupun amal sunnah (yang ia kerjakan)” (HR. Bukhari, Muslim, Abu Dawud, Tirmidzi, An-Nasa'iy)

“Sesungguhnya seburuk-buruk penguasa adalah penguasa yang dhalim” (HR. Bukhari & Muslim)

“Ada tiga golongan yang tidaka akan diajak bicara oleh Allah…………”. Kemudian beliau menyebutkan di antaranya pemimpin pendusta. (HR. Muslim, Ahmad, An-Nasa'iy, Ibnu Hibban, Al-Baihaqy)

“Sesungguhnya kalian akan sangat menginginkan kekuasaan (‘imarah) padahal kelak ia akan menjadi penyesalan di hari kiamat”. (HR. Bukhari)

“Sesungguhnya kami – demi Allah – tidak akan menyerahkan pekerjaan (yaitu jabatan) ini kepada orang yang memintanya atau orang yang berambisi kepadanya”. (HR. Bukhari & Muslim)

🌐 abal-jauzaa.blogspot.co.id


ALhikmahjkt
Follow akun sosial media Foto Dakwah, klik disini

Klik disini untuk sedekah dakwah, untuk membantu dakwah kami

Share Artikel Ini

Related Posts

Comments
0 Comments