Cari Dakwah

Jangan takut sakit hati takut lah menyakiti hati

Baca Juga :


Bismillah was shalawatu wassalaamu 'ala Rasulillah...
.
Sahabatku, selalu segar dalam ingatan tentang hadits Nabi Shalallahu 'Alaihi Wasallam mengenai sesuatu yang ada dalam diri setiap manusia, bila sesuatu itu baik maka baiklah seluruhnya dan bila sesuatu itu buruk, maka buruklah semuanya.
.
Apakah sesuatu itu, wahai sahabat?
.
Sesuatu itu adalah hati.
.
Hati. Bagian yang menjadi kekuatan bagi manusia, bila ia memiliki hati yang tangguh dan ia memelihara keimanan serta asupan-asupan ruhani yang baik dalam hatinya.
Namun di sisi lain juga menjadi kelemahan manusia, bila ia hanya memasukkan hal buruk ke dalam hatinya sehingga berimbas dengan sifat, perkataan dan amalan manusia.
.
Hati. Sesuatu yang bisa terbolak-balik dengan mudahnya, sesuatu yang dapat dipengaruhi, sesuatu yang bisa merasakan kebahagiaan, kesedihan dan rasa sakit.
.
Jadilah engkau manusia berhati tangguh, wahai sahabat... agar imanmu senantiasa menancap kuat. Berdoalah pada Sang Muqallibal Qulub agar hatimu senantiasa tegak dan tegar diatas jalan lurusNya serta tidak mudah putus asa dan bersedih atas apa yang orang lain lakukan terhadapmu. Jadilah pemaaf dengan hati tangguhmu.
.
Berhati-hatilah dengan hati. Berhati-hatilah ketika dirimu menyakiti hati saudaramu, yang sama sekali kita tak tahu isi hatinya dan apa yang akan ia perbuat untukmu selanjutnya. Berhati-hatilah karena bila ia berdoa, maka tiada hijab antara dia dan Allah dalam mengabulkan doanya, apalagi bila yang kau sakiti adalah hati orangtuamu. “Tiga orang yang doanya pasti terkabulkan ; doa orang yang teraniaya; doa seorang musafir dan doa orang tua terhadap anaknya”. [Sunan Abu Daud]
.
Maka sahabatku, mari kita manajemen hati kita, untuk memanajemen diri karena apa yang kita lakukan adalah cerminan dari hati kita. Mari jaga sikap dan perkataan agar sebisa mungkin kita hindari perbuatan yang menyakiti hati saudara kita sesama muslim, karena salah satu ciri orang yang beriman kepada Allah dan hari akhir adalah orang yang berbicara baik atau diam.
.
Wa billahi taufiq.
----


bantudakwah
Follow akun sosial media Foto Dakwah, klik disini

Ayo bergabung bersama Tim Foto Dakwah, klik disini untuk donasi

Share Artikel Ini

Related Posts

Comments
0 Comments

Langganan artikel islami gratis, isi email anda:

Delivered by FeedBurner