Cari Dakwah

Dosa besar : menuduh wanita baik-baik berzina

Baca Juga :


MENUDUH WANITA BAIK-BAIK BERZINA

Allah Ta’ala berfirman:
إِنَّ الَّذِينَ يَرْمُونَ الْمُحْصَنَاتِ الْغَافِلَاتِ الْمُؤْمِنَاتِ لُعِنُوا فِي الدُّنْيَا وَالْآخِرَةِ وَلَهُمْ عَذَابٌ عَظِيمٌ
Sesungguhnya orang-orang yang menuduh wanita-wanita yang baik-baik, yang lengah lagi beriman (berbuat zina), mereka mendapat laknat di dunia dan akhirat, dan bagi mereka adzab yang besar.” (QS. An-Nuur: 23)

Allah juga berfirman:
وَالَّذِينَ يَرْمُونَ الْمُحْصَنَاتِ ثُمَّ لَمْ يَأْتُوا بِأَرْبَعَةِ شُهَدَاءَ فَاجْلِدُوهُمْ ثَمَانِينَ جَلْدَةً وَلَا تَقْبَلُوا لَهُمْ شَهَادَةً أَبَدًا ۚ وَأُولَٰئِكَ هُمُ الْفَاسِقُونَ
“Dan orang-orang yang menuduh wanita-wanita yang baik-baik (berbuat zina) dan mereka tidak mendatangkan empat orang-orang saksi, maka cambuklah mereka (yang menuduh itu) delapan puluh kali cambukan… ” (QS. An-Nuur: 4)

Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:
“Jauhilah oleh kalian tujuh dosa besar yang menghancurkan (kalian).” lalu beliau menyebut di antaranya adalah, "menuduh wanita baik-baik, yang lengah, lagi beriman, melakukan zina" (Muttafaq 'alaih)

"Orang Muslim (yang sejati) itu adalah orang yang mana kaum Muslimin selamat dari (gangguan) lidah dan tangannya" (HR. Bukhari)

"Semoga engkau ditinggal mati ibumu; tidaklah yang menyebabkan manusia dijerembabkan batang hidungnya (di neraka) pada Hari Kiamat, melainkan disebabkan lidah mereka" (HR. Tirmidzi, hasan shahih)

Allah Ta’ala berfirman:
وَالَّذِينَ يُؤْذُونَ الْمُؤْمِنِينَ وَالْمُؤْمِنَاتِ بِغَيْرِ مَا اكْتَسَبُوا فَقَدِ احْتَمَلُوا بُهْتَانًا وَإِثْمًا مُّبِينًا
“Dan orang-orang yang menyakiti orang-orang mukmin dan mukminat tanpa kesalahan yang mereka perbuat, maka sesungguhnya mereka telah memikul kebohongan dan dosa yang nyata.” (QS. Al-Ahzab: 58)

👤 Al-Imam Al-Hafizh adz-Dzahabi
🌐 Al-Kaba'ir

Alhikmahjkt
Follow akun sosial media Foto Dakwah, klik disini

Ayo bergabung bersama Tim Foto Dakwah, klik disini untuk donasi

Share Artikel Ini

Related Posts

Comments
0 Comments