Search

Perhatikan dosa-dosa kita

Baca Juga :


GARA GARA DOSA

وَكَانَ الإِمَامُ أَبُوْ حَنِيْفَةَ إِذَا شَكَلَتْ عَلَيْهِ مَسْئَلَةٌ قَالَ لِأَصْحَابِهِ : مَا هَذَا إِلاَّ لِذَنْبٍ أَحْدَثْتُهُ.. وَكَانَ يَسْتَغْفِرُ وَرُبَّمَا قَامَ وَصَلَّى فَتَنْكَشِفَ لَهُ الْمَسْئَلَةُ وَيَقُوْلُ : رَجَوْتُ أَنِّي تِيْبَ عَلَيَّ، فَبَلَغَ ذَلِكَ فُضَيْلَ بْنَ عِيَاض فَبَكَى بُكَاءً شَدِيْدًا ثُمَّ قَالَ : ذَلِكَ لِقِلَّةِ ذَنْبٍ، فَأَمَّا غَيْرُهُ فَلاَ يَتْنَبِهُ لِهَذَا. (الجواهر المضية في طبقات الحنفية، 2/487)

Dahulu imam Abu Hanifah jika ada suatu permasalahan yang menyulitkannya, maka dia berkata kepada murid-muridnya : "tidaklah hal ini terjadi melainkan sebabnya adalah dosa yang telah aku lakukan”, lalu dia beristighfar memohon ampun atau juga bangun lalu melaksanakan sholat, maka setelah itu terjawablah permasalahan tadi, dan dia berkata : "aku berharap telah diterima taubatku".

Kisah ini pun sampai kepada Fudhail bin ‘Iyadh, maka dia pun menangis dengan sangat pilu, kemudian berkata : "hal itu karena sedikitnya dosa, adapun orang selainnya tidak akan memperhatikan hal seperti ini".

[Lihat al-Jawahir al-Mudhiyyah fii Thabaqat al-hanafiyyah].

Lihatlah bagaimana akibat dari dosa, maka sudah seharusnya kita memperhatikan dosa-dosa kita, yang menjadikan permasalahan kehidupan kita, banyak yang tidak terjawab dan tidak ada jalan keluarnya.

Oleh karena itu marilah kita bertaqwa kepada Allah dan segera berhenti dari segala perbuatan dosa. Allah subhanahu wa ta’ala berfirman :

{...وَمَنْ يَتَّقِ اللَّهَ يَجْعَلْ لَهُ مَخْرَجًا}

Dan barangsiapa bertakwa kepada Allah niscaya Dia akan mengadakan baginya jalan keluar. [QS. ath-Thalaq : 2]

Waffaqanallah..

Ustadz Askar Wardhana, Lc حَفِظَهُ اللهُ تَعَالَى

(Dari Grup WA Suara Al-Iman, Surabaya).


Islamdiaries
Follow akun sosial media Foto Dakwah, klik disini

Klik disini untuk sedekah dakwah, untuk membantu dakwah kami

Share Artikel Ini

Related Posts

Comments
0 Comments