Cari Dakwah

Artis komik Marvel menyelipkan pesan 212 di komik X-Men terbarunya

Baca Juga :


Seorang Artist DC asal Indonesia bernama Ardian Syaf menyelipkan pesan 212 di komik barunya. bisa cek di link https://www.facebook.com/ArdianSyafComicArt/photos/a.385763738127429.79134.326751577361979/1276918589011935/?type=1&theater, tentu gambar ini membuat jadi ramai
perbincangan Netizen.


akhir 2012. 
Ardian syaf, komikus DC comics menyelipkan beberapa potongan gambar yang mewakili pandangan politiknya di komik batman. gambar itu kemudian jadi viral di jagad perkomikan indonesia. saya menyaksikan di kick andy. orang2 bertepuk tangan. tertawa gembira melihat di komik batman ada baliho jokowi ahok for DKI-1. komunitas komik bangga.

lima tahun berlalu. dinamika politik berubah. orang-orang nya berubah. sementara di jagad perkomikan indonesia, orang2 nya masih yang itu itu saja.

ardian syaf, kemudian menjadi komikus marvel. klien nya beda. pandangan politik nya pun kini beda. tapi kebiasaan nya masih sama : menyelipkan subliminal message di komik. kali ini nggak ada figur, nggak ada baliho, cuma angka : 2 1 2.

semalam saya berkunjung ke page nya. dan saya ternganga nganga melihat bagaimana orang2 yang dulu membanggakan nya sekarang membantai habis. disebut curut, disebut role model orang munafik, cari makan dari bla bla bla. dan lain sebagainya.

saya jadi teringat kasus komikus lain. yang spesialis membuat komik joke tentang Tuhan. hari itu dia kebablasan. membuat komik porno yang benar2 biadab. menyerang rekan seprofesi nya dengan gambar incest ibu dan anak.
luar biasanya, di saat yang sama dia dibully, di saat itu pula komunitas nya buru buru menyelipkan pembelaan dan berharap supaya komikus "brilian" itu tidak dimatikan karier nya.
tidak butuh berapa lama, dia kembali berkibar.
hal yang sama mungkin tidak akan terjadi dengan Ardian syaf. orang2 senegaranya sudah ramai me mention marvel comic supaya beliau ditindaki. sepertinya tinggal tunggu waktu.

akan hal nya saya, masih seperti dulu. mengagumi ardian syaf sejak dia memberi tips soal kerjaan nya yang kelihatannya rejeki yang benar2 bikin ngiri. duduk di kampung, sarungan, garap job internasional tanpa harus jadi TKI.
" shalat dhuha " jawab nya.

respon nya terhadap bully an juga luar biasa. calm, relax dan tetap rendah hati.

moral of the story :

mendingan lawan Lex Luthor
atau Magneto

daripada panastak


Arizal Rasyid

Follow akun sosial media Foto Dakwah, klik disini

Ayo bergabung bersama Tim Foto Dakwah, klik disini untuk donasi

Share Artikel Ini

Related Posts

Comments
0 Comments

Langganan artikel islami gratis, isi email anda:

Delivered by FeedBurner