Cari Dakwah

Jangan menceritakan mimpi buruk karena itu dari setan

Baca Juga :


JANGAN MENCERITAKAN MIMPI BURUK
-----------------------
Seringkali mimpi membuat orang jadi gelisah, bertanya-tanya, bahkan sampai ada yang mempercayai keyakinan-keyakinan Takhayul. kalau mimpi ini akan terjadi ini, kalau mimpi ini harus melakukan ini itu, dsb, itu semua adalah perangkap Syaithan agar manusia terperangkap dalam Syirik.

Islam memberikan solusi sekaligus menutup celah kesyirikan yang diakibatkan mimpi buruk. berikut hadits-hadits tentang mimpi :

1) “Mimpi itu ada tiga macam: Mimpi kosong yang berasal dari pikiran, mimpi buruk dari setan, dan mimpi baik dari Allah.” (HR Bukhari & Muslim)

2) Rasulullah bersabda "Mimpi yang bagus itu dari Allah, jika kalian bermimpi baik ceritakan mimpi tersebut kepada orang yang kalian cintai. dan Bila kalian mimpi buruk, hendaklah ia meludah sedikit ke kiri tiga kali, berlindung kepada Allah dari kejelekan setan dan dari kejelekan mimpi tersebut, dan jangan ia ceritakan mimpi itu kepada seorang pun. niscaya mimpi itu tidak akan membahayakannya” (HR Muslim)

3) Dari Jabir radhiallahu ‘anhu, ada seorang Arab badui datang menemui Nabi kemudian bertanya, “Ya rasulullah, aku bermimpi kepalaku dipenggal lalu menggelinding kemudian aku berlari kencang mengejarnya”. Nabi bersabda kepada orang tersebut, “Jangan kau ceritakan kepada orang lain ulah setan yang mempermainkan dirimu di alam mimpi”. Setelah kejadian itu, aku mendengar Nabi menyampaikan dalam salah satu khutbahnya, “Janganlah kalian menceritakan ulah setan yang mempermainkan dirinya dalam alam mimpi” (HR Muslim)
-----------
-----------
Jadi jelas ya, kalau mengalami mimpi buruk lagi, entah itu mimpi Tsunami kek, mimpi masuk Neraka kek, jangan diceritakan, itu akal-akalan Setan untuk membuat manusia resah


MDC
Follow akun sosial media Foto Dakwah, klik disini

Ayo bergabung bersama Tim Foto Dakwah, klik disini untuk donasi

Share Artikel Ini

Related Posts

Comments
0 Comments

Langganan artikel islami gratis, isi email anda:

Delivered by FeedBurner