Cari Dakwah

Dunia, penjara mukmin

Baca Juga :



*Dunia itu Penjara Bagi Orang Beriman*

عَنْ أَبِى هُرَيْرَةَ قَالَ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- « الدُّنْيَا سِجْنُ الْمُؤْمِنِ وَجَنَّةُ الْكَافِرِ »

_Dari Abu Hurairah, ia berkata bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Dunia adalah penjara bagi orang beriman dan surga bagi orang kafir.”_ (HR. 
Muslim)

Inilah sebuah hadits yang sangat besar sekali yang telah memberikan pelajaran yang sangat berharga dalam hidup dan kehidupan kita di dunia dan akhirat. Hadits ini telah menjelaskan kepada kita sejelas-jelasnya, sehingga tidak ada lagi kesamaran dalam pandangan dan keraguan atau kebimbangan di hati. Sebuah perbandingan di antara kesenangan dan kesusahan di dunia dengan kesenangan dan kesusahan atau kesengsaraan di akhirat. Dia sebagai pemisah yang memisahkan atau pembeda yang membedakan di antara mukmin dan kafir dalam menjalani dan mengarungi kehidupan mereka di dunia yang fana ini dan di akhirat kelak.

Bagi setiap mukmin yang ta'at, maka sesenang apapun dia di dalam kehidupan dunia ini dengan memiliki kekayaan yang melimpah ruah atau kekuasaan yang besar, maka tetap saja dunia ini baginya adalah sebuah penjara yang memenjarakannya dinisbahkan dengan kesenangan surga, sampai dia bebas dari penjara dunia kembali ke akhirat dan masuk ke dalam surga.

✍🏻 Ustadz Abdul Hakim bin Amir Abdat.
(Kitab Zuhud dan Riqaa-iq)


The Rabbaanians
Follow akun sosial media Foto Dakwah, klik disini

Ayo bergabung bersama Tim Foto Dakwah, klik disini untuk donasi

Share Artikel Ini

Related Posts

Comments
0 Comments

Langganan artikel islami gratis, isi email anda:

Delivered by FeedBurner