Search

Cara makan sembelihan ahlul kitab, bukan orang kafir

Baca Juga :


Syekh Ibnu Utsaimin rahimahullah mengatakan, “Tidak harus bertanya, siapa yang menyembelih, (apakah) orang Islam atau ahli kitab bagaimana cara menyembelihnya. Apakah membaca bismillah atau tidak? Bahkan tidak layak. Karena hal itu termasuk berlebihan dalam beragama. Sementara Nabi sallallahu alaihi wa sallam makan dari apa yang disembelih Yahudi tanpa menanyakan kepada mereka. Dalam shahih Bukhari dan lainnya dari Aisyah radhiallahu anha bahwa orang-orang bertanya kepada Nabi sallallahu alaihi wa sallam, “Sesungguhnya kaum non muslim mengantarkan daging kepada kami, kami tidak mengetahui apakah mereka menyebut nama Allah atau tidak.” Maka beliau bersabda, “Hendaknya kalian baca bismilah dan makanlah.” (Aisyah) mengatakan, “Mereka baru masuk Islam. Maka Nabi sallallahu alaihi wa sallam memerintahkan kepada mereka memakannya tanpa menanyakannya, padahal orang-orang yang datang itu, boleh jadi tidak mengerti hukum-hukum Islam, karena mereka baru masuk Islam.” (Risalah Fi Ahkami Udhiyah Wazakat karangan Syekh Ibnu Utsaimin rahimahullah)
.
Berdasarkan penjelasan tadi, maka siapa yang bepergian ke negara non Islam yang mayoritas penyembelihnya adalah orang Nashrani dan Yahudi, maka dihalalkan makan dari sembelihan mereka, kecuali kalau diketahui mereka menyembelih dengan memakai listrik atau menyebutkan selain nama selain Allah seperti tadi. Adapun kalau orang yang menyembelih itu paganis atau komunis, maka sembelihannya tidak halal. Kalau sembelihannya diharamkan, maka tidak diperbolehkan makan darinya walau dengan alasan terpaksa selama untuk menjaga kehidupannya dia dapat memakan ikan atau sayuran dan semisalnya.
.
Syekh Abdurrahman Barrak hafizahullah mengatakan, “Daging yang didatangkan dari negara kafir itu bermacam-macam. Sementara kalau ikan itu halal semuanya karena kehalalannya tidak tergantung dari penyembelihan dan juga tidak diharuskan menyebutkan nama Allah
.
Read More : https://islamqa.info/id/88206
.
Website : Dakwahsunnah.com
Fan Page Facebook : Dakwahsunnahdotcom
Tune in Radio : Dakwahsunnah
Streaming : http://live.dakwahsunnah.com:80
Youtube : http://bit.ly/youtube-ds
_________
Twitter : twitter.com/dakwahsunnah_ID
Telegram : bit.ly/1QPZAI6
IG : instagram.com/dakwahsunnah @dakwahsunnah
BBM : www.pin.bbm.com/C004BD41C

Yuk jadi donatur tetap untuk operasional DakwahSunnahdotcom dengan cara SMS/WA: DONATUR TETAP#NAMA#ASAL#Rp. 20.000/Rp. 50.000/Rp. 100.000/ Rp.300.000/#Perbulan/Pertahun kirim SMS/WA ke 0812-5126-2022 (Mas Yoyod) atau 0823-5221-1112 (Bambang Abu Ibrahim)

Semoga Segala Amal ibadah yang kita lakukan ini diterima Allah.
Jazaakumullah Khairan..
Follow akun sosial media Foto Dakwah, klik disini

Klik disini untuk sedekah dakwah, untuk membantu dakwah kami

Share Artikel Ini

Related Posts

Comments
0 Comments